Sukses

Bumi Makin Rusak, Bertani di Bawah Laut Jadi Alternatif

Karena penemuan terbaru, kini tanaman pangan bisa ditanam di bawah laut

Citizen6, Jakarta Kondisi bumi yang semakin rusak membuat ilmuwan berusaha menemukan cara untuk menyelamatkannya. Sebagaimana yang kita ketahui, semakin banyak hutan dan sawah yang dijadikan pemukiman. Ilmuwan pun mencari cara agar bisa bertanam tanpa butuh tanah.

Salah satu cara yang sedang dilakukan yakni menanam tanaman pangan di bawah air. Cara ini sedang diujicobakan di area bawah Teluk Noli, Savona, Italia. Di dalam laut sebuah tempat dirancang sedemikian rupa agar memungkinkan tanaman dapat ditanam dan tumbuh dengan menggunakan metode pertanian tradisional.

Dilansir dari Dailymail, Kamis (09/07/2015), proyek tersebut diberi nama "Nemo's Garden Project." Proyek tersebut telah berjalan selama tiga tahun. Tanaman tersebut tumbuh di dalam biosphere buatan khusus di dasar laut sedalam 30 kaki.

Lokasi yang dipilih memang tidak biasa, namun tanaman masih menerima sinar matahari dari permukaan dan suhu sekitarnya dipertahankan 25 derajat Celcius. Proyek ini nyatanya tak butuh biaya yang tinggi.

Sejauh ini, para peneliti telah berhasil menumbuhkan beberapa tandan kemangi yang hasilnya hampir identik dengan metode pertanian di tanah. Kita tunggu perkembangan selanjutnya. Jika penelitian ini berkembang ke arah yang baik, bukan tidak mungkin bisa menanam tanaman lain di dasar laut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini