Sukses

Robot Penjaga Penjara Pertama di Dunia Ada di Negara Ini

Robot penjaga penjara sebelumnya pernah diciptakan. Negara inilah yang pertama menciptakannya

Citizen6, Jakarta Mungkin selama ini Anda telah sering menonton film-film bertema robot, yang terbaru tentunya Terminator Genisys. Sungguhpun, booming film bertema robot sebenarnya bermula dari tokoh Robocop, sang robot polisi.

Namun tahukah Anda, sebenarnya penggunaan robot sebagai penjaga keamanan sebenarnya telah dilakukan di salah satu negara Asia, yakni Korea. Sebuah penjara di Korea Selatan nyatanya menjadi penjara yang pertama di dunia untuk pengujian robot penjaga penjara.

Dikutip dari Koreaboo, Jumat (10/07/2015), pengujian pertama robot penjaga di penjara pertama kali dilakukan di penjara Pohang. Robot penjaga tersebut dilengkapi dengan roda tebal dari karet, sejumlah kamera, mikrofon, speaker, serta diprogram untuk berpatroli di lorong-lorong penjara.

koreaboo

Robot penjaga tersebut juga diprogram dengan algoritma pengenalan pola, yang memungkinkan sang robot untuk menyadari bahaya dari perilaku tahanan. Termasuk juga upaya bunuh diri, serangan, atau pembakaran, di mana robot kemudian akan mengingatkan petugas untuk memberikan respon.

koreaboo

Dalam situasi yang sangat tak terlalu serius, petugas dan narapidana dapat berkomunikasi melalui robot tersebut secara real time. Saat ini robot ini tidak dirancang secara fisik untuk menghadapi narapidana. Namun kelak, sang pencipta robot mengatakan bahwa langkah berikutnya yakni untuk menciptakan robot penjaga dengan fisik seperti manusia. (sul)

  **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini