Sukses

Imandita: Saya Membuat Meme yang Tak Timbulkan Konflik

Bagi orang kreatif, momen-momen peristiwa keseharian yang terjadi di sekitar kita bisa dijadikan inspirasi untuk membuat karya.

Citizen6, Jakarta Bagi orang kreatif, momen-momen peristiwa keseharian yang terjadi di sekitar kita bisa dijadikan inspirasi untuk membuat karya. Di dunia online, marak karya-karya inspiratif, salah satunya adalah meme. Sering sekali beredar meme-meme yang kebanyakan lucu untuk mereposn peristiwa atau kejadian baik yang dilakukan oleh tokoh yang populer semacam tokoh politik, atau juga orang biasa saja.

Salah satu orang kreatif yang sering membuat meme adalah @Imandita. Laki-laki yang masa bocahnya sering main di tengah hutan dekat rumahnya ini selalu sigap merespon topik-topik yang lagi hangat di sosial media, utamanya di Twitter. Ia sengaja me-"meme"-kan  topik-topik yang sedang ramau dibahas di sosmed karena banyak orang yang paham, tak perlu lagi menjelaskan gambar tersebut tentang apa.

Laki-laki yang punya akun Twitter @Imandita ini tak selektif dalam memilih tema yang akan dibuat meme, namu ia mengindari tema sara dan topik-topik yang menyerempet ke politik untuk menghindari konflik.

Imandita mulai membuat meme. kira-kira 2-3 tahun lalu. Saat itu ia merasakan penat di tempat kerjanya di Maverick Indonesia. Lalu, laki-laki yang suka menyuakai basket ini iseng-iseng membuat gambar "ga jelas" dari gambar yang sudah ada. Tujuannya hanya untuk lucu-lucuan saja.

Namun ia tak menyangka keisengannya yang kreatif tersebut bisa menghasilkan uang, bahkan ia beberapa kali menjadi nara sumber sebuah media berskala nasional.  Dan tentu saja, meme-meme-nya yang selalu lucu sangat ditunggu-tunggu oleh para follower di akun Twitternya yang telah mencapai 25 ribu.

Untuk melihat Meme-meme-nya ia buat, onliner bisa membuka di websitenya, http://imandita.tumblr.com/

Ia menamai blognya Garing, dari kata Gajah Miring, namun tak ada penjelasan apa makna sebernarnya pemilihan nama unik ini, Hanya saja, taglinenya cukup unik, "Ketika garing menjadi selingan di saat kerjaan lowong. Semua karya dibikin sendiri, beberapa terinspirasi 9gag, timeline Twitter, dan sel abu-abu di dalam kepala"

 Menurutnya, makna meme baginya adalah sebagai penyejuk. Penyejuk dari kepenatan pekerjaan dan keriuhan timeline sosmed. "Jjadi sebagai tempat tersenyum buat yang ngeliat. Makanya gue menghindari membuat meme yang meninmbulkan konflik, " tulisnya.

Ia memang kreatif sejak kecil. Ini tampak dari cerit masa bocahnya cukup menyenangkan. "Waktu SD sekolah di SD negeri, jalur pulang selalu memilih melewati alang-alang dan sungai kecil. Padahal ada jalur biasa yang lebih nyaman dan aman. Tapi ya namanya juga anak kecil maunya lewatin yang susah dan seru." (kw)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.