Sukses

Inggris Terancam Hancur Diterpa Tsunami Asteroid

Inggris menjadi salah satu negara yang terancam hancur karena tsunami asteroid

Citizen6, Jakarta Inggris menjadi salah satu negara yang terancam hancur karena tsunami asteroid. Tsunami ini disebutkan beresiko dapat menewaskan ribuan orang yang tinggal di dekat pantai.

Peringatan ini bukan mengada-ada. Ini diungkap oleh para ilmuwan bertepatan dengan Asteroid Day, 30 Juni lalu. Tim peneliti dari University of Southampton telah mengembangkan alat yang memprediksi mana asteroid yang mungkin akan jatuh ke Bumi dan apa dampak yang ditimbulkannya.

Para peneliti mengungkaapkan, ada sekitar satu juta asteroid di tata surya ini dan 13.000 di antaranya telah ditemukan. Dan 500 di antaranya memiliki potensi menyerang bumi. Satu dari mereka, memiliki potensi untuk menghapus seluruh negeri. Sebuah laporan di tahun 2013 menyebutkan, sebuah asteroid yang dengan lebar hanya 19 meter mendarat di Rusia, telah mampu melukai 1.500 orang.

Namun itu bukan satu-satunya risik. Apabila asteroid jatuh ke laut, maka akan memicu timbulnya tsunami yang bisa menghancurkan bagian besar pantai di seluruh dunia. Dalam penelitiannya, tim dari Southampton ini menggunakan sebuah software yang mereka beri nama ARMOR.

Alat tersebut telah menghitung, bahwa meskipun Inggris tidak berada di jalur tembak dari asteroid yang dikenal berbahaya itu, namun dampaknya akan ada dari Laut Utara atau Samudra Atlantik. Peneliti Clemens Rumpf memberi pernyataan “Ancaman asteroid adalah nyata dan dapat memiliki konsekuensi bencana,” seperti dikutip dari Mirror, Selasa (30/6).

Selengkapnya, baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini