Sukses

Jangan Buang Kulit Jeruk, Bisa untuk Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya banyak hal disekitar kita yang kita anggap sampah namun ternyata menyimpan banyak manfaat.

Citizen6, Jakarta Menjaga kesejhatan lebih baik daripada mengobati. Karena itu agar kita tak sakit, kita bisa mencegahnya dengan hal-hal yang selama ini kita anggap sampah. Misalnya kulit jeruk. Buah jeruk yang banyak mengandung vitamin c ini ternyata kulitnya juga menyimpan khasiat hebat yang masih jarang diketahui banyak orang.

Mengkonsumsi kulit jeruk mungkin masih dianggap aneh. Namun kulit jeruk yang masih segar selain juga mengandung vitamin c yang diperlukan untuk tubuh juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tips mengkonsumsi kulit jeruk: cucilah kulit jeruk sampai bersih dan potong kecil-kecil sesuai selera. Jika ingin rasanya tidak terlalu pahit, bisa dibuat manisan atau dijemur sampai kering.

Berikut manfaat dahsyat kulit jeruk, diantaranya:

1. Menurunkan Berat Badan

Para pakar kesehatan mempercayai bahwa kulit jeruk bisa dipakai untuk menurunkan berat badan. Kulit jeruk mampu secara efektif meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. Mungkin memang pahit mengkonsumsi secara langsung kulit jeruk, namun mengingat manfaatnya, sebaiknya dicoba.

2.  Menyehatkan pencernaan pencernaan

Kulit jeruk mengandung serat makanan yang cukup tinggi, 100 gram kulit jeruk mengandung setidaknya 10,6 gram serat. Serat  ini bermanfaat untuk mencegah  iritasi usus, termasuk sembelit dan kembung. Ekstrak kulit jeruk juga bisa dikombinasikan dengan teh yang bisa membantu menenangkan sistem pencernaan.

3. Anti kolesterol

Saat ini agak susah mencari makanan enak yang tidak mengandung kolesterol. Namun tak perlu khawatir lagi, kita bisa menurunkan kolesterol dengan kulit jeruk. Karena hampir semua senyawa anti kolesterol banyak ditemukan di kulit jeruk. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol “buruk” dalam tubuh kita yang membentuk plak pada pembuluh darah ke jantung yang tersumbat. 
 
4. Mencegah Kanker Kulit dan Paru-paru

Kulit jeruk mmempunyai efek yang dapat mencegah berbagai jenis kanker yang mengancam kita. Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bagaimana kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit.

Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru dibandingkan mereka yang hanya makan jeruk di dalamnya.

5. Menyembuhkan flu, dan demam

Kulit jeruk, selain mengandung vitamin C, juga mengandung vitamin A. Kedua vitamin tersebut merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh.

6. Meringankan Bronkitis

Penyakit yang menyerang tenggorokan ini kadang sangat susah diobati.  Jika kebetulan sedang menderita penyakit ini cobalah mengkonsumsi jeruk dengan cara dibuat minuman. Selain berkhasiat menyembuhkan juga memberikan efek yang menenangkan. *dari berbagai sumber

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Gratis ikuti #LebaranNarsis di sini
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.