Sukses

Pemuda Jenius Ciptakan Robot Pembersih Tempat Wudu

Dengan robot ini, tempat wudhu selalu terjaga dalam kondisi bersih dan kering

Citizen6, Jakarta - Bermula dari keluhan sang ibu, Sultan Al-Subhi, pemuda berusia 22 tahun berasal dari Oman ini berhasil membuat robot yang bisa membersihkan tempat wudhu di mesjid. Saat itu, Al-Subhi dan ibunya sedang menuju salah satu mesjid di Oman untuk menunaikan salat. Yang mengejutkan, ibu Al-Subhi menolak untuk salat di mesjid tertentu.

Ibunya beralasan, tempat wudhu mesjid tersebut tidak bersih dan lantainya licin. Tentu saja hal tersebut berbahaya bagi wanita tua seperti dirinya. Mendengar keluhan ibunya, Al-Subhi malahan mendapat ide.

Dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (31/07/2015), Al-Subhi pun berusaha merancang sebuah robot yang dapat membersihkan tempat wudhu secara otomatis. Robot yang ia rancang, ternyata berfungsi dengan baik. Bahkan memenangkan juara kedua Kompetisi The Stars of Science di Arab.

Penemuan yang dirancang Al-Subhi memberi banyak manfaat bagi orang-orang yang menggunakan tempat wudhu untuk bersuci. Terkadang, beberapa orang memang meninggalkan tempat wudhu dalam keadaan kotor.

Robot yang dirancang Al-Subhi sendiri tak butuh bantuan. Ia akan bekerja bergantung pada sensor khusus untuk mengepel lantai yang basah, maupun membuka saluran air yang tersumbat.

Robot yang dibuat Al-Subhi membuktikan mimpinya telah terwujud, yakni kamar wudhu yang bersih dan kering. Bahkan dikabarkan robot rancangannya akan diproduksi dalam jumlah banyak. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.