Sukses

Jenis Emosi ini Sering Dialami Tapi Sulit Dijelaskan

Pernahkah kamu merasa sangat sulit menjelaskan apa yang sebenarnya sedang kamu rasakan?

Citizen6, Jakarta Seringkali kita kesulitasn untuk menjelaskan apa yang sebenarnya sedang kita rasakan. Hal tersebut bisa berakibat buruk untuk kesehatan kita. Maka lebih baik jika kamu bisa memahami emosi yang sedang kamu alami dan menjelaskannya, seringkali dengan begitu akan terasa lebih baik untukmu. Jika kamu sulit menjelaskannya pada teman, sahabat ataupun siapapun yang kamu percayai kamu bisa menggunakan beberapa istilah di bawah ini : 

1. Liberosis

Kamu ingin berhenti untuk mencemaskan segala sesuatu mulai dari karir, pendidikan hingga kehidupan cinta? Liberosis yang berarti 'keinginan untuk tidak terlalu mengkhawatirkan segala hal' menjadi kata yang tepat untuk mengekspresikan perasaanmu.

2. Jouska

Kamu mungkin pernah juga mengalami hal seperti ini. Jouska adalah kondisi saat kamu mengalami dialog yang sama persis dengan apa yang ada dalam pikiranmu. Mungkin kamu pernah memimpikan hal tersebut sebelumnya, lalu kemudian percakapan seperti itu menjadi kenyataan.

3. Adronitis

Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk memulai pertemanan? Jika kamu kesulitan untuk menjalin pertemanan bahkan hanya dengan satu orang maka kamu mengalami perasaan yang disebut Adronitis.

4. Dysania

Inilah perasaan yang kamu alami ketika kamu sangat sulit dan berat untuk beranjak dari tempat tidur di pagi hari. Jika perasaan tersebut sangat kuat hingga kamu merasa sangat enggan untuk meninggalkan bantal gulingmu, bisa juga disebut clinomania. 

5. Finifugal

Episode terakhir dari sinetron, drama, atau serial kesukaanmu akan segera tayang tapi kamu merasa ketakutan, itulah yang disebut Finifugal. Kamu bahkan mungkin ketakutan menghadapi hari minggu karena itu berarti weekend-mu telah usai. Tapi ingatlah bahwa setiap akhir akan membawa awal yang baru.

6. Monachopsis

Kamu berada dalam pesat, berkumpul bersama teman atau keluarga tapi kamu tidak merasa bahwa kamu hadir disana. Kondisi tersebut diistilahkan dengan Monachopsis, kamu tidak tahu mengapa tapi kamu merasa berada di ruang dan waktu yang salah. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh rasa rendah diri yang kamu miliki.

7. Sehnsucht

Kamu selalu berkata ingin perubahan tapi kamu sendiri bahkan tidak tahu perubahan seperti apa yang kamu inginkan dan bagaimana caranya. Maka itulah yang disebut dengan Sehnsucht. Mungkin itu disebabkan mood yang buruk yang tidak terprediksi. Tapi hampir semua orang mengalami hal ini, jalan keluarnya adalah mencoba memahami diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Perasaan-perasaan seperti tersebut di atas mungkin pernah dialami oleh siapapun. Tapi kita tidak pernah membicarakannya karena tidak tahu bagaimana menjelaskan hal tersebut. Semoga kata dan istilah ini bisa membantumu untuk mengekspresikan apa yang sedang kamu alami. (rn)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini