Sukses

Keren, Pria Ini Habiskan Uang untuk Memperbaiki Jalan Berlubang

Gangadhara Katnam, pria berusia 66 tahun ini memiliki inisiatif tinggi dengan menutup 1000 lubang lebih di Hyderadab, India.

Citizen6, India Punya masalah terhadap jalanan rusak dan berlubang yang sering Anda lalui? Di Tanah Air, jalan rusak dan berlubang memang bisa Anda temui di berbagai wilayah. Masalah ini pun membuat geram masyarakat karena membahayakan pengendara maupun memakan korban kecelakaan.

Jika di Indonesia masyarakat hanya bisa protes dengan melakukan aksi menaruh berbagai tanaman dikubangan air atau di jalanan berlubang. Namun, berbeda dengan apa yang dilakukan seorang pria asal India ini.

Odditycentral.com

Dilansir Odditycentral pada Selasa (11/8/2015), Gangadhara Katnam, pria berusia 66 tahun ini memiliki inisiatif tinggi dengan menutup 1000 lubang lebih di Hyderadab, India. Bahkan, ia telah memiliki misi untuk memperbaiki jalan kota yang rusak.

Pria yang kini dijuluki sebagai 'dokter jalan' ini sejak 2011 telah berkeliling kota setiap hari untuk mencari kerikil di pinggir jalan. Kerikil dan bahan lain nantinya akan berfungsi untuk menutupi lubang-lubang. Bahkan, ia telah menghabiskan uang pensiunnya untuk membeli peralatan serta bahan lainnya.

Katnam juga menuturkan bahwa beberapa hal yang membuat ia tergugah untuk melakukan aksi menutup lubang di jalan.

"Saya sedang mengemudi, dan mobil saya jatuh ke dalam lubang dijalan hingga memercikan air lumpur kotor kepada anak-anak sekolah. Kemudian beberapa kecelakaan lainnya diikuti di berbagai tempat," ucap Katnam.

Odditycentral.com

Ia bahkan menjelaskan kepada polisi bahwa jika jalanan mulus maka kecelakaan akan jarang terjadi. "Saya melihat empat kecelakaan hingga memakan korban jiwa. Saya merasa ngeri dengan apa yang saya lihat, dan saya menyadari bahwa jika seseorang menutup lubang di jalan maka semuanya akan bisa diselamatkan," lanjutnya.

Bahkan, ia memutuskan untuk melakukan pekerjaan ini sendirian. Sehari-hari, ia hanya dibantu mobil kesayangannya untuk membawa tas goni yang berisi kerikil serta bahan lainnya. Kemudian, setiap kali ia bertemu lubang, maka ia langsung memperbaikinya.

"Saya berhenti dari pekerjaan saya, dan selanjutnya saya akan mengahabiskan uang pensiun saya untuk memperbaiki jalan," tambahnya. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.