Sukses

Hope for Peace, Menara Unik dari 78 Tank Militer

Hope for Peace merupakan menara unik yang dibangun dari 5 ribu ton lapisan beton dan sekitar 78 tank militer.

Citizen6, Libanon Saat ini sebuah bangunan tidak hanya dibuat sebagai tempat berteduh dari hujan maupun terik matahari, melainkan bertambah fungsi menjadi salah satu karya seni yang patut diperhitungkan.

Memang bukan hal yang aneh jika di setiap negara memiliki bangunan kokoh nan unik dan bersejarah yang menjadi salah satu tempat tujuan wisata turis asing. Salah satunya sebuah menara yang berada di dekat pintu masuk Departemen Pertahanan di Yarzeh, Beirut, Libanon.

Amusingplanet.com

Hope for Peace merupakan menara unik yang dibangun dari 5 ribu ton lapisan beton dan sekitar 78 tank militer. Dilansir Amusingplanet pada Rabu (12/8/2015), bangunan yang memiliki tinggi 30 meter tersebut dirancang oleh seniman Amerika kelahiran Prancis bernama Armand Fernandez pada 1995 silam.

Amusingplanet.com

Bangunan itu juga merupakan refleksi yang luar biasa dari citra kota yang pernah dianggap sebagai bangunan reruntuhan. Bahkan Armand menuturkan bahwa menara ini juga harapan untuk perdamaian di Libanon.

"Ini melambangkan akhir dari perang sipil Lebanon pada 1975-1990. Dengan menanam tank dan kendaraan militer lainnya di menara ini diharapkan mereka (tank-tank) diam dan tak digunakan kembali," tutur Armand. "Ini juga peringatan bagi mereka yang masih ingin berperang," lanjutnya.

Amusingplanet.com

Sebelumnya, Armand juga membangun sebuah monumen yang sama dengan mobil bernama 'Long Term Parking' yang terletak di Château de Montcel di Jouy-en-Josas, Prancis. Bangunan tersebut diciptakan pada 1982 dengan tinggi 20 meter dan terdiri dari 60 mobil dan 18 ton beton. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini