Sukses

Biarkan Anak Balitanya Nyopir Sendiri, Orangtua Banjir Kritikan

Video menunjukkan orang tua membiarkan anak mereka yang masih kecil kemudikan mobil di jalan raya

Citizen6, China Sebuah rekaman video mengejutkan menunjukkan seorang gadis kecil mengendarai mobil melaju melalui lalu lintas kota. Gadis kecil yang tidak disebutkan namanya tersebut tampak mengemudi di jalur empat mobil, menyalip mobil lain, dan akhirnya parkir di pinggir jalan di Cina. Tidak diketahui di mana rekaman video tersebut diambil namun video tersebut telah mengejutkan netizen lewat Weibo, jejaring sosial Cina.

Di bagian awal video, terdengar suara si ayah yang meminta anaknya untuk mengemudi dengan hati-hati. Gadis yang belum bisa berbicara dengan benar tersebut hanya mengoceh tak jelas.

Si gadis kecil rupanya mampu mencapai pedal dengan perpanjangan kaki yang dibuat oleh ayahnya. Saat menyalip mobil lain, sang ayah yang berada di kursi belakang kembali meminta anaknya untuk berhati-hati.

Sekitar dua menit, barulah mobil tersebut berhenti. Si ayah keluar mobil dan pindah ke kursi depan, bertukar tempat dengan anaknya yang pindah ke belakang. Seluruh rekaman tampaknya diambil dari kursi penumpang di sebelah supir oleh si ibu.

dailymail.co.uk

Meski si gadis kecil tampak lihai mengemudikan mobil, nyatanya banyak netizen yang mengkritik sikap orang tua gadis kecil yang membahayakan nyawa mereka sendiri. Banyak yang berkomentar bahwa mereka seperti berjudi dengan kematian dengan membiarkan anak mereka mengemudikan mobil. Demikian seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (13/08/2015).

Ditambah lagi, si anak tak memakai sabuk pengaman. Tak hanya membahayakan nyawa keluarga tersebut, mereka juga membahayakan pengguna jalan lainnya.

Insiden ini kini tengah diselidiki oleh otoritas setempat. Bagaimanapun, bukanlah kapasitas orang tua membiarkan seorang anak di bawah umur mengemudikan mobil. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.