Sukses

Merayakan Kemerdekaan #RI70 dengan Kreativitas

Unik, kegiatan-kegiatan yang menjadi rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI ini

Citizen6, Jakarta Tujuh puluh tahun sudah Indonesia merasakan kemerdekaan. Setelah tujuh puluh tahun mengisi kemerdekaan tetap saja acara yang paling dinanti oleh masyarakat adalah merayakannya dengan berbagai acara yang kreatif dan meriah. Hal ini juga dilakukan oleh masyarakat RW. 015, Kelurahan Sadang Serang, Bandung.

Namun, ada yang unik dalam acara yang diselenggerakan di RW tersebut. Kegiatan-kegiatan yang menjadi rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI ini dilaksanakan secara anti-mainstream. Selain lomba-lomba ada juga bakti sosial, pawai kreatif, dan Urban Farming.

Unik, kegiatan-kegiatan yang menjadi rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI ini

Kegiatan ini melibatkan semua warga bersama mahasiswa peserta Rumah Kepemimpinan Pagi-pagi sekali di gang-gang Kelurahan Sadang Serang, anak-anak muda sudah sibuk menyiapkan berbagai perlengkapan lomba. Uniknya, lomba-lomba yang diselenggarakan juga tidak biasa. Ada lomba Goyang Kerupuk yaitu makan kerupuk sambil bergoyang, Joget Tomat yang mengharuskan peserta menjaga tomat di kepala agar tidak jatuh saat berjoget, bahkan ada lomba makan ketan sebanyak-banyaknya.

Setelah menyelesaikan lomba, para warga masyarakat dan panitia langsung menyiapkan bakti sosial. Paket-paket sembako disediakan untuk warga RW. 015 yang kurang mampu. “Dari kegiatan ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa kemerdekaan haruslah bisa dinikmati semua orang dan di situlah semangat berbagi harus ditumbuhkan.” Ucap Pimgi Nugraha, Mahasiswa Manajemen Unpad yang juga panitia.

Unik, kegiatan-kegiatan yang menjadi rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI ini

Panas terik siang hari setelah kegiatan bakti sosial tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk melanjutkan kembali perayaan. Pada acara puncak akan diadakan parade karnaval sepuluh Rukun Tetangga yang ada di RW. 015, Kelurahan Sadang Serang. Dengan berbagai penampilan unik dan menarik mereka siap berkeliling kampung sembari memekikan Melalui parade karnaval ini setiap orang diberi ruang untuk melatih kreativitas. Ada yang menjadi polisi, pemadam kebakaran, professor di suatu laboratorium, dan tidak sedikit yang menjadi pejuang kemerdekaan.

Unik, kegiatan-kegiatan yang menjadi rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI ini

Pak Iwan, Ketua RT. 005, di akhir parade mengatakan, “Semua peserta baik anak-anak, remaja, dan orang dewasa dibebaskan untuk menunjukkan ekspresi Acara puncak ini bukan menjadi akhir dari kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ini.

Di hari berikutnya akan diadakan kegiatan menghijaukan lingkungan bersama Urban Farming Ambassador (UFA). UFA merupakan komunitas peduli lingkungan yang bergerak di bidang penanaman di perkotaan. Diharapkan melalui kegiatan-kegiatan ini, masyarakat mampu mengisi kemerdekaan dengan semangat dan kegiatan positif.

Tulisan oleh: Rio Alfajri

Foto Oleh: Erwinsyah Ardi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini