Sukses

Play and Learn, Mendampingi Anak Usia 0-4 Belajar Sambil Bermain

Buku ini cocok untuk orang tua yang memiliki anak berusia 0-4 tahun

Citizen6, Jakarta “When you asked me what I did in school today and I say ‘I just played’, please don’t misunderstand me. For you see, I am learning as I play. I am learning to enjoy and be successful in my work. Today I am a child, and my work is play.” ~ Anita Wadley

Dunia anak-anak adalah bermain. Semua pasti setuju. Dengan bermain, anak dapat terbantu tumbuh kembangnya baik secara fisik, otak maupun mental. Dengan bermain, kita sebagai orangtua mempunyai banyak bonding time dengan anak. Adalah tugas orangtua mendampingi masa-masa tumbuh kembang optimal ini.

Karena bermain memang menjadi dunianya, maka sudah pasti anak-anak bahagia saat diajak bermain. Bermain tak harus dengan mainan impor dan mahal. Dengan menggunakan kreativitas kita, ternyata banyak sekali barang-barang di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan stimulasi tumbuh kembang anak.

Masa-masa emas anak-anak adalah berada di usia 0 – 4 tahun. Di usia tersebutlah, anak sedang berada di kondisi otak paling puncak untuk menyerap segala sesuatu yang didapatnya dari lingkungan sekitarnya. Sehingga menjadi tanggung jawab orangtualah untuk memberinya stimulasi, atau umpan, agar otaknya bisa optimal berkembang.

Buku ini tak hanya memberikan petunjuk bagaimana cara melatih anak mengoptimalkan kinerja otak kecilnya agar kemampuan fisik, bahasa dan kognitifnya berkembang, namun juga mengenalkan cara mengelola emosi, empati, kepedulian sosial hingga menelusuri bakat. Apa yang tadinya kita (sebagai orangtua) pikir sepele, ternyata sangat berpengaruh pada perkembangan karakter anak.

Contoh yang menarik dalam buku ini, adalah sharing mengenai stimulasi emosi. Mengapa sih kita harus memberikan stimulasi emosi sejak dini?

Dr. Meta menulis dalam buku ini, “Apalah artinya anak pintar matematika, fasih 7 bahasa, hafal Al Quran, juara kelas terus, tetapi berberat hati memberikan kursinya di kereta kepada ibu hamil hanya karena alasan yang sangat sepele, malas berdiri? Atau hobi menyerobort saat mengantre? Atau memarkirkan kendaraan di tempat parkir untuk difabel? Bahkan gemar mengumpat atau membuang sampah sembarangan? Apalah artinya anak kita jago balet, pintar menari, tapi gengsi minta maaf saat salah, segan mengucapkan terima kasih dan sulit bilang “tolong”?”

Betul sekali, tingkat IQ (Intelligence Quotient) yang baik tidaklah cukup tanpa didukung tingkat EQ (Emotional Quotient) yang seimbang. Nah, di buku inilah ada sharing mengenai bagaimana cara mengenalkan emosi dan bagaimana men-stimulasi emosi tersebut pada anak.

Anak-anak zaman sekarang juga nampaknya terlalu dimanjakan oleh gadget. Padahal anak yang menghabiskan waktu bermain dengan menggunakan gadget, tidak terlatih fisiknya secara aktif, dan terbukti kurang memiliki daya imajinatif dibanding mereka yang bermain tanpa gadget. Tapi, permainan apa yang bisa menstimulasi otak agar bisa melatih semua kecerdasan otak anak-anak?

Ada banyak, misalnya dengan crafting. Semua hastakarya yang kelihatan sepele tersebut ternyata mampu menstimulasi mulai dari melatih motorik halus, motorik kasar, melatih kesabaran, melatih kemandirian, melatih logika, hingga mengenalkan warna. Ada banyak contoh jenis permainan edukatif yang semua lengkap tersaji dalam buku Play and Learn ini.

Buku yang sangat direkomendasikan untuk para orangtua kreatif untuk menstimulasi anak-anak yang kreatif pula.

Identitas Buku

Judul: Play and Learn

Penulis: dr. Meta Hanindita, Sp.A

Editor: Herlina P Dewi

Proof Reader: Weka Swasti

Desain Cover: Teguh Santosa

Layout Isi: Sindy Fatika

Foto isi: Carol Kuntjoro

Pengirim: Carolina Ratri

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini