Sukses

12 Aturan Unik Pemerintahan Pro Rakyat di Berbagai Negara

Beberapa negara menerapkan aturan unik untuk menyejahterakan rakyatnya. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Di berbagai belahan dunia, banyak negara telah mengembangkan cara yang unik untuk menangani masalah-masalah tertentu, sehingga membantu warga mereka memiliki kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat.

Beberapa kebijakan pro-rakyat ini telah diterapkan di negara-negara di dunia, sayang belum satupun yang diadopsi Indonesia. Meski ide dari kebijakan ini banyak yang tergolong sederhana, namun efeknya benar-benar efisien dan menyentuh langsung ke rakyat. Meskipun ini bukan daftar definitif, ide-ide cerdas berikut ini harusnya bisa diadopsi oleh pemerintah Indonesia.

1. Negara Menyediakan Perlengkapan Bagi Bayi yang Baru Lahir

Setiap wanita hamil di Finlandia berhak mendapatkan 'kotak bersalin' yang diberikan oleh pemerintah. Kit ini dilengkapi dengan kasur, seprai, pakaian, kaus kaki, popok dan beberapa peralatan lainnya yang diperlukan bayi . Malah, kotaknya sendiri bisa digunakan sebagai keranjang bayi. Tujuan dari fasilitas ini adalah agar setiap warga negara Finlandia yang baru lahir mendapat kesetaraan hak pada awal kehidupannya.

2. Ibu dan Ayah dari Bayi yang Baru Lahir Mendapat Cuti Bergaji

Di beberapa negara, baik ibu dan ayah berhak mendapat cuti yang dibayar ketika anak mereka lahir. Negara yang paling bermurah hati adalah Republik Ceko. Kedua orangtua mendapat minimal 14 minggu cuti berbayar, jika yang dilahirkan adalah anak pertama, orangtua bisa mendapatkan cuti selama 48 bulan yang gajinya akan dibayar pemerintah!

3. Pengurangan Pajak Hingga 50% pada Hari Raya

Di Norwegia, pemerintah ingin memberikan sesuatu yang istimewa bagi rakyatnya setiap natal tiba, maka mulai bulan November hingga Desember, semua pajak dipotong sebesar 50 persen.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini