Sukses

Menikmati Kemeriahan Festival Pacu Jalur di Provinsi Riau

Lomba Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menjadi salah satu agenda pariwisata nasional yang digelar setiap tahun.

Citizen6, Jakarta Lomba Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menjadi salah satu agenda pariwisata nasional yang digelar setiap tahun. Festival olahraga dayung menggunakan perahu panjang yang terbuat dari pohon ini, memang kerap dibanjiri pengunjung domestik dan mancanegara. Bahkan disebut sebagai event budaya yang memiliki penonton paling ramai di Indonesia.

Biasanya pelaksanaan pacu jalur digelar bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini festival Pacu Jalur resmi dibuka pada 20 Agustus 2015 di Sungai Kuantan tepatnya di tepian Narosa, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi.

Sebanyak 168 jalur (perahu kayu) akan bertanding dalam perlombaan yang berakhir pada 24 Agustus mendatang. Tidak hanya dari Provinsi Riau, ajang ini juga diikuti peserta dari luar daerah hingga luar negeri salah satunya negara Malaysia.

Saat perlombaan berlangsung, penonton akan disuguhkan dengan aksi adu cepat dua perahu kayu yang masing-masing didayung oleh sekitar 50-60 orang. Para pendayung yang biasa disebut anak pacu ini akan bersorak sambil mendayung hingga ke garis finish yang jaraknya sekitar satu kilometer. Tentunya dengan sorak-sorai penonton yang turut serta memberi semangat dari bibir sungai.

Komposisi penumpang dalam perahu yang panjangnya 25-30 meter ini tidak hanya dinaiki oleh anak pacu. Namun ada juga tukang tari, tukang onjai dan tukang rimbo yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.

Selengkapnya

Pengirim:

Wiwik Setiawati

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.