Sukses

Buku Ajaib, Mampu Ubah Air Kotor Menjadi Siap Minum

Buku adalah jendela dunia. Namun manfaat buku ini sungguh berbeda.

Citizen6, Jakarta Dulu ada pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Namun manfaat buku ini sungguh berbeda. Buku yang dibuat oleh Dr Teri Dankovich , seorang ilmuwan di Carnegie Mellon University ini sungguh mempunyai manfaat yang tidak terduga sama sekali.

Buku ini sangat penting untuk semua orang di seluruh dunia, terutama untuk orang-orang yang selama ini kekurangan air bersih untuk air minum maupun untuk keperluan lain. Buku yang dinamai “The Drinkable Book” ini bisa menyulap air kotor menjadi air bersih. Saat ini buku tersebut telah diujicobakan di Bangladesh dan dua negara Afrika sehingga buku ini mempunyai masa depan yang cerah, karena setiap morang perlu minum air bersih.

Buku adalah jendela dunia. Namun manfaat buku ini sungguh berbeda.

Tampak dari luar, buku Dankovich ini terlihat seperti buku biasa. Namun di buku ini bisa bekerja seperti sihir. Dankovich dan timnya melapisi setiap halaman buku ini dengan nano partikel tembaga atau perak dengan jumlah yang pas.

Untuk mendapatkan air bersih dengan lembaran buku ini sangat gampang. Yakni dengan merobek satu lembar kertas dalam buku “The Drinkable Book” dan menempatkannya dalam wadah dan menuangkan air kotor melalui halaman kertas sebagai penyaring.

Nanopartikel diserap oleh bakteri dalam air, dan membunuh mereka. Sehingga yang tersisa adalah air minum yang bersih yang tidak memiliki bau atau rasa aneh. Selain itu halaman-halaman buku tersebut mampu membunuh bakteri Kolera , E. coli , dan tipus.

Hebatnya, setiap halaman dalam buku ini mampu menyaring lebih dua puluh enam galon air. Sebuah buku mampu mem-filter kotor setara dengan jumlah air minum yang dihabiskan satu orang selama empat tahun.

Buku adalah jendela dunia. Namun manfaat buku ini sungguh berbeda.

Mungkin masih banyak yang kurang percaya dengan kabar baik ini. Memang masih ada kelemahan bahwa tes yang pernah dilakukan tidak menunjukkan apakah filter buku ini mampu menghilangkan virus dan protozoa, dua penghuni jahat yang terkandung dalam air minum kotor.

Namun dalam percobaan yang dilakukan di Bangladesh yang sukses besar. Air limbah murni yang difilter dengan buku ini menunjukkan hasil bahwa buku tersebut mamu menghilangkan bakteri 99%. Artinya air ini lebih bersih dibanding kebanyakan air minum yang ada di Amerika Serikat, Inggris, atau Australia.

China dan India telah tertarik dengan menyatakan berminat untuk mendanai proyek ini. Untuk membuat satu buku, hanya diperlukan $ 0,03 atau tiga sen saja.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini