Sukses

Warga RI Tuntut Boston Globe yang Hina Tim Bola Voli Putri

Sampai hari ini publik dihebohkan dengan munculnya petisi di change.org yang ditujukkan untuk sebuah media Amerika Serikat, Boston Globe.

Citizen6, Jakarta Sampai hari ini publik khususnya para pengguna jejaring sosial dihebohkan dengan munculnya petisi di change.org yang ditujukkan untuk sebuah media Amerika Serikat, Boston Globe.

Dalam situs tersebut terdapat sebuah karikatur yang mengundang kontroversi publik di Tanah Air . Pasalnya, kartun karya Mikael Wulf & Anders Morgenthaler atau WuMo tersebut bernada mengejek karena menggabarkan tim bola voli pantai putri Indonesia disamakan dengan orang utan.

Karikatur yang dibuat pada Minggu, 2 Agustus 2015 itu langsung mendapat sorotan publik di Tanah Air, salah satunya seorang blogger bernama Elle Wibisono. Dalam blog-nya ia pun menuturkan kritikan hingga membuat petisi change.org/kepadabostonglobe.

Dalam petisinya, Elle menyebutkan:

Betapa kagetnya saya ketika melihat gambar kiriman teman berisi komik ini di koran Boston Globe. Di situ, tim voli puteri Indonesia digambarkan sebagai orangutan.

Inilah mengapa komik ini bermasalah:

Di dalam komik ini, tim putri Indonesia digambarkan sebagai orang utan. Terkadang teman sendiri saja akan kesal bila diejek “monyet” atau “orang utan”. Seseorang bahkan berkomentar “Wasit tidak objektif karena tim putri Indonesia bermain telanjang”. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan bangsa, namun tetap satu dan tetap manusia; bukan kera, bukan monyet. Selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Sontak, publik pun langsung merespons petisi tersebut dengan cepat. Bahkan, dalam linimasa Twitter para onliner mengajak para followersnya untuk mendukung juga menandatangi petisi yang dibuat Elle agar pihak Boston Globe menarik komik tersebut dan menuturkan permohonan maaf.

 

 

 

 

 

Petisi yang dibuat pada Minggu, 2 Agustus 2015 kini sudah di dukung sekitar 3.500 orang. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda ingin berpartisipasi dalam petisi yang ditujukkan untuk Boston Globe tersebut? (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini