Sukses

Pohon Tertinggi di Dunia, Berapa Tingginya?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, setinggi apa pohon tertinggi di dunia?

Citizen6, Jakarta Pernahkah Anda bertanya-tanya, setinggi apa pohon tertinggi di dunia? Dan, yah, ilmuwan telah menemukan jawaban tersebut.

Pohon tertinggi di dunia yakni pohon redwood dengan tinggi yang mengejutkan, yakni 379 kaki dan empat inci atau sekitar 115,6 meter dari permukaan tanah. Pohon ini mengalahkan rekor pohon tertinggi di dunia sebelumnya, pohon Stratosphere yang tingginya 'hanya' 10 kaki.

Dilansir dari iflscience, Selasa (01/09/2015), pohon tersebut ditemukan oleh para pejalan kaki di Taman Nasional Redwood. Untuk memastikan gelarnya sebagai pohon tertinggi di dunia, pohon dinamai Hyperion ini diukur secara tepat oleh sekelompok ilmuwan dari Humboldt State University.

Di bawah pimpinan Steve Sillet, para ilmuwan menggunakan perhitungan yang rumit serta metode teknis pendakian pohon dan menjatuhkan meteran yang sangat panjang dari atas pohon.

Untuk mendapatkan perbandingan yang tepat, berikut ilustrasi perbandingan tinggi Hyperion dengan beberapa bangunan terkenal.

ilfscience

Dalam rangka menjaga sang pohon dari tindakan yang berpotensi merusak, hanya beberapa orang yang diperbolehkan mengetahui lokasi yang tepat dari Hyperion. (sul)

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.