Sukses

Teater Citra, Teater Tertua Sejak 1982 di SMAN 47 Jakarta

Peran teater dalam lingkup sosial masyarakat salah satunya adalah sebagai media untuk mengungkapkan ide-ide keindahan (presentasi estetis).

Citizen6, Jakarta Teater adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis. Kata teater sendiri berasal dari kata theatron dari bahasa Yunani, yang berarti “tempat untuk menonton”. Teater adalah istilah lain dari drama, drama sendiri pun berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya.

Peran teater dalam lingkup sosial masyarakat salah satunya adalah sebagai media untuk mengungkapkan ide-ide keindahan (presentasi estetis). Menonton sebuah pertunjukkan teater adalah belajar menafsirkan ide-ide apa yang dikomunikasikan oleh seniman teater kepada khalayak. Oleh sebab itu, penonton dituntut untuk tidak hanya menggunakan emosinya dalam menyaksikan pertunjukkan, tetapi juga pikirannya agar bisa mengambil hikmah dari apa yang telah disaksikannya.

Teater Citra tampil di GOE 2015

Sebagian besar sekolah terutama di wilayah Jakarta mempunyai ekskul teater. Salah satunya di SMAN 47 JAKARTA. Di sekolah ini, Teater Citra merupakan wadah untuk bakat dan minat siswa atau siswi di luar jam pelajaran khususnya di bidang seni drama dan teater.

Teater Citra tampil di Fossil Cup 2015

Teater Citra terbilang ekstrakurikuler tertua di SMAN 47 Jakarta, teater ini berdiri sejak 1982, dan awalnya bernama Sanggar Citra. Sejak berdiri, teater ini aktif mengisi acara-acara intern SMAN 47 Jakarta seperti GOE, Fossil Cup, dan lainnya. Teater Citra juga aktif dalam beberapa acara di luar sekolah, seperti lomba-lomba teater di berbagai acara yang diadakan sekolah lain.

Bulan Oktober mendatang, Teater Citra akan mempersembahkan pertunjukan bergengsi tahun ini, “Locked In”. Drama yang menceritakan tentang kedilemaan yang dialami oleh sebuah keluarga dari seorang gadis muda yang tengah sakit parah, di satu sisi keluarga ingin memperjuangkan hidupnya. Sedangkan di sisi lain, keluarganya ingin merelakannya pergi demi kebaikannya. Dalam drama ini, seluruh narasi berbahasa Inggris. Rencananya, pertunjukan yang akan diselenggarakan di GRJS Bulungan ini akan menargetkan 1000 penonton dan akan memecahkan rekor MURI.

Pengirim:

Wanda Melia

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.