Sukses

6 Kota dengan Populasi Tunawisma Tertinggi di Dunia

Pemerintah setiap negara seharusnya memperhatikan kesejahteraan setiap rakyatnya.

Citizen6, Jakarta Pemerintah setiap negara seharusnya memperhatikan kesejahteraan setiap rakyatnya. Tapi sayang, masih ada saja rakyat suatu negara yang menjadi tunawisma alias tidak punya tempat tinggal. Kondisi ini jelas sangat memprihatinkan. Bahkan menurut catatan Komisi HAM PBB, ada sekitar 100 juta orang tidak punya tempat tinggal yang tersebar di seluruh negara di dunia. Dan berikut ini adalah enam kota di dunia yang punya populasi tunawisma tertinggi di dunia.

1. Jakarta, Indonesia

Sungguh fakta yang mengejutkan, bahwa salah satu kota di Indonesia masuk dalam daftar kota dengan populasi tunawisma terbesar di dunia. Kota tersebut adalah Jakarta, yang tidak lain adalah ibukota negara Indonesia. Menurut hasil sensus penduduk tahun 2000 lalu, terdapat 28.364 orang tunawisma yang tinggal di Jakarta. Setelah 15 tahun, jumlah tersebut pasti bertambah berkali-kali lipat. Apalagi di jakarta sering terjadi banjir yang menyebabkan munculnya lebih banyak tunawisma.

2. Mexico City, Meksiko

Pemerintah setiap negara seharusnya memperhatikan kesejahteraan setiap rakyatnya.

Di urutan berikutnya ada Mexico City di negara Meksiko yang ternyata juga banyak ditinggali oleh tunawisma atau orang yang tidak punya rumah. Bahkan menurut catatan NGO (Non-Governmental Organizations), sekitar 40 persen dari seluruh penduduk Meksiko masih hidup dalam kemiskinan. Sedangkan tunawisma yang tinggal di Mexico City diperkirakan mencapai 15.000 hingga 30.000 orang.

3. Moskow, Rusia

Pemerintah setiap negara seharusnya memperhatikan kesejahteraan setiap rakyatnya.

Mungkin Rusia memang dikenal sebagai salah satu negara raksasa dan terkaya di dunia. Tapi faktanya, ternyata di Rusia ada sekitar 5 juta orang yang kehilangan tempat tinggalnya dan menjadi tunawisma. Dari penelitian yang dilakukan, 1 juta dari total keseluruhan tunawisma di Rusia adalah dari kalangan anak-anak. Tunawisma yang ada di kota Moskow Rusia tercatat sekitar 10.000 hingga 50.000 orang (bergantung pada sumber informasi). Jumlah ini diketahui semakin meningkat setiap tahunnya, namun tak kunjung ada pendekatan sosial dari pemerintah.

4. Los Angeles, Amerika Serikat

Pemerintah setiap negara seharusnya memperhatikan kesejahteraan setiap rakyatnya.

Sama seperti Rusia, Amerika Serikat juga merupakan negara raksasa dan kaya raya. Namun siapa sangka kalau di kota sebesar Los Angeles, ternyata banyak ditinggali oleh tunawisma atau orang yang tidak punya rumah. Menurut data yang tercatat, di kota Los Angeles Amerika Serikat terdapat sekitar 57.373 orang tunawisma. Jumlah ini masih sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan kota besar Amerika Serikat lainnya, New York.

5. New York City, Amerika Serikat

Menurut data yang tercatat pada tahun 2013 lalu, tunawisma atau orang yang kehilangan rumah di New York City tercatat sudah mencapai 60.000 orang. Bahkan 22.000 orang diantaranya adalah dari kalangan anak-anak. Kondisi ini kabarnya disebabkan oleh kurangnya inisiatif bantuan perumahan yang disediakan oleh pemerintah setempat untuk warga yang kurang mampu atau tidak punya rumah.

6. Manila, Filipina

Pemerintah setiap negara seharusnya memperhatikan kesejahteraan setiap rakyatnya.

Dan kota yang diketahui memiliki populasi tunawisma tertinggi di dunia adalah kota Manila di Filipina. Menurut laporan, di Filipina sendiri ada sekitar 22,8 juta masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh. Di mana 1,2 juta dari total keseluruhan adalah anak-anak yang hidup dengan mengemis dan berdagang di jalanan. Sedangkan khusus di kota Manila, kabarnya ada sekitar 70.000 orang yang menjadi tunawisma.

Itu dia enam kota di dunia yang diketahui memiliki populasi tunawisma yang paling tinggi di dunia. Dengan kondisi seperti itu, pemerintah setempat tentu diharapkan bisa memperbaiki perekonomian dan membantu penduduknya yang tidak punya rumah. Semoga bermanfaat.

Pengigrim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

***Ingin berdiskusi peristiwa yang sedang tren,pendidikan, kuliner, kecantikan dan uniknya dunia yuk klik di http://forum.liputan6.com/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini