Sukses

Enam Perbatasan Negara Paling Unik di Dunia

Setiap negara di dunia pasti punya batas dengan wilayah atau negara lain, dan hampir di setiap negara pasti memiliki titik perbatasan.

Citizen6 Setiap negara di dunia pasti punya batas dengan wilayah atau negara lain, dan hampir di setiap negara pasti memiliki titik perbatasan dengan negara lain yang terbilang unik. Contohnya adalah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia yang terletak di Pulau Kalimantan. Lalu apa yang unik dari sebuah perbatasan antar negara? Mungkin beberapa contoh perbatasan antar negara berikut ini bisa membuat Anda mengetahui bahwa tidak semua perbatasan itu mencekam dan mengerikan.

Namibia, Botswana, Zambia, dan Zimbabwe 

Perbatasan pertama yang menyorot perhatian dunia adalah perbatasan antara empat negara di benua Afrika. Empat negara tersebut yakni Namibia, Botswana, Zambia, dan Zimbabwe. Di mana perbatasan ini menjadi satu-satunya quadripoint (titik pertemuan empat negara) di dunia. Pada perbatasan empat negara Afrika ini sudah disesuaikan untuk membuat dua tripoints.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Spanyol dan Portugal

Spanyol dan Portugal

Spanyol dan Portugal adalah dua negara yang cukup maju dan populer di benua Eropa. Namun demikian, siapa sangka kalau ternyata ada yang unik di perbatasan kedua negara tersebut. Jika biasanya perbatasan negara dijaga ketat, namun batas antara Spanyol dan Portugal ternyata hanya dibatasi dengan seutas tali. Anda pernah bermain flying fox? Seperti itulah kurang lebih gambaran mengenai perbatasan Spanyol dan Portugal.

3 dari 6 halaman

Jerman dan Belanda

Jerman dan Belanda

Dahulu negara Jerman memang terbagi menjadi dua wilayah, yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Namun setelah tembok Berlin dirubuhkan dengan suatu perjanjian, kedua negara kembali bersatu. Namun ternyata ada hal yang unik pada perbatasan antara Jerman dan Belanda. Perbatasan kedua negara ini melintasi Pusat Bisnis “The Eurode”. Ini merupakan salah satu simbol solidaritas Uni Eropa. Tapi jika Anda ingin mengirim surat dari Jerman ke Belanda di perbatasan tersebut, butuh waktu sekitar satu minggu.

4 dari 6 halaman

Polandia

Polandia

Selanjutnya ada perbatasan di Polandia yang mirip dengan situasi Jerman Barat dan Jerman Timur pada masa itu. Sebelum tahun 1914, Polandia terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Polandia Barat yang menjadi bagian dari Jerman dan Polandia Timur yang menjadi bagian Rusia. Perbatasan ini berupa rel kereta api, yang meskipun sudah berlalu lebih dari 100 tahun tapi kondisi perbatasan tersebut masih sama.

5 dari 6 halaman

Amerika Serikat dan Kanada

Amerika Serikat dan Kanada

Amerika Serikat dan Kanada adalah dua negara besar yang terletak di Amerika Utara. Namun di satu sisi perbatasan kedua negara tersebut, ternyata ada tempat yang sangat unik. Di mana pada sebuah rumah, ada jembatan terpendek di dunia yang menghubungkan Kanada di bagian depan rumahnya dan Amerika Serikat di halaman belakang rumahnya. Tempat ini disebut dengan Zavikon Island. Mirip seperti Indonesia dan Malaysia, ya?

6 dari 6 halaman

Amerika Serikat dan Rusia

Amerika Serikat dan Rusia

Jika dibayangkan, perbatasan kedua negara raksasa di dunia ini suasananya pasti sangat mencekam dan mengerikan. Kedua negara ini terletak di benua yang berbeda. Tapi ternyata, ada titik perbatasan Amerika Serikat dan Rusia yang sangat dekat. Ada dua pulau milik kedua negara yang jaraknya sangat dekat, bahkan Anda bisa melewati perbatasan kedua negara tersebut dengan melempar batu. Pulau Diomede Kecil adalah milik Amerika Serikat, sedangkan Pulau Diomede Besar adalah milik Rusia.

Unik sekali ya beberapa perbatasan antar negara tadi? Tapi tak bisa dipungkiri bahwa perbatasan adalah benteng terluar setiap negara yang tentunya harus dijaga dengan segenap jiwa dan raga oleh seluruh warga negara.(ul)

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.