Sukses

Tiga Negara Ini Tidak Punya Tentara Militer

Ternyata ada beberapa negara tidak memiliki militer yang memadai untuk bisa menjaga kedaulatan negaranya.

Citizen6 Banyak negara di dunia ini yang punya pasukan pertahanan yang kuat dan tangguh. Bahkan pasukan militer Indonesia pun termasuk salah satu yang terkuat di dunia. Akan tetapi, tahukah Anda kalau di dunia ini ada beberapa negara yang tidak dilengkapi dengan angkatan militer? Ya, ternyata beberapa negara tersebut tidak memiliki militer yang memadai untuk bisa menjaga kedaulatan negaranya. Berikuttiga negara yang tidak memiliki pasukan pertahanan.

Solomon Island

Jika dibandingkan dengan Indonesia, negara Solomon Island ini jelas tidak ada apa-apanya. Apalagi usia negara ini bisa dibilang masih sangat muda. Solomon Islan baru bisa membentuk pemerintahan yang stabil pada tahun 1998-an. Namun, negara ini ternyata tidak punya pasukan pertahanan. Mereka pun akhirnya membayar Australia untuk membantu pertahanan mereka jika suatu saat terjadi konflik atau perang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Costa Rica

Costa Rica

Negara ini terletak di Amerika Tengah dan menjadi salah satu negara yang punya pemandangan terindah di dunia. Tapi ternyata sejak tahun 1948 lalu, Presiden Costa Rica saat itu menghapuskan militer setelah adanya perang saudara yang menewaskan sekitar 2 ribu orang. Mereka pun melakukan perjanjian dengan Amerika, Chile dan Kuba untuk membantu kekuatan militer mereka jika suatu saat terjadi penyerangan ataupun perang.

3 dari 3 halaman

Samoa

Samoa

Selanjutnya ada negara Samoa, Anda pun mungkin belum pernah mendengar nama negara ini. Sama seperti Solomon Island dan Costa Rica, Samoa juga tidak memiliki pasukan militer. Oleh karena itu pemerintah negara setempat mengandalkan bantuan dari negara-negara sahabat jika suatu saat terjadi peperangan atau konflik di negara tersebut. Salah satu negara yang melakukan perjanjian dengan Samoa untuk memberikan bantuan saat terjadi kondisi darurat adalah Selandia Baru. Perjanjian tersebut dibuat oleh kedua negara pada tahun 1962 silam.

Itulah tiga negara kecil di dunia yang diketahui tidak memiliki pasukan militer untuk pertahanan negara. Hal tersebut tentu sangat berisiko bagi keamanan seliruh warga negaranya. Apalagi jika suatu saat terjadi serangan mendadak di negara tersebut. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini