Sukses

Tiga Kasus Kecelakaan Pesawat yang Masih Jadi Misteri

Pesawat terbang mungkin menjadi transportasi yang paling aman karena angka kecelakaannya terbilang lebih kecil ketimbang transportasi darat.

Citizen6 Pesawat terbang mungkin menjadi transportasi yang paling aman karena angka kecelakaannya terbilang lebih kecil ketimbang transportasi darat. Namun satu saja terjadi kasus kecelakaan pesawat terbang, maka gegerlah seantero dunia.

Misalnya hilangnya Malaysian Airlines yang terjadi pada akhir tahun 2014 lalu. Bahkan sampai sekarang pesawat tersebut masih belum ditemukan. Nah, berikut ini ada beberapa kasus kecelakaan dan hilangnya pesawat paling misterius sepanjang sejarah.

Hilang di Segitiga Bermuda

Pesawat yang satu ini bernama Star Ariel, salah satu armada dari British South American Airways (BSAA). Pesawat Star Ariel secara misterius menghilang di segitiga bermuda pada tahun 1949 silam. Sang pilot dilaporkan kesulitan membedakan antara langit dan daratan. Akhirnya pesawat yang membawa total 20 orang penumpang dan kru tersebut menghilang dan hingga kini tidak ada yang tahu keberadaan Star Ariel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilang di Samudra Atlantik

Hilang di Samudra Atlantik

Bulan Oktober 1999 silam pesawat Egypt Air dengan kode penerbangan 990 dikabarkan hilang secara misterius di kawasan perairan Samudra Atlantik. Pesawat tersebut lepas landas dari bandara John F Kennedy, New York, Amerika Serikat menuju ke Kota Kairo, Mesir. Untung saja setelah peristiwa tersebut pihak berwajib berhasil menemukan kotak hitam. Setelah ditelisik penyebab hilangnya pesawat itu adalah karena kopilot pergi ke toilet.

3 dari 3 halaman

Meledak 12 Menit Setelah Lepas Landas

Meledak 12 Menit Setelah Lepas Landas

Kejadian ini terjadi di tahun 1996 pada pesawat TWA Flight 800 yang lepas landas dari bandara John F Kennedy, New York, Amerika Serikat. Setelah 12 menit lepas landas, pesawat yang membawa 230 penumpang itu meledak dan jatuh. Menurut penyelidikan, penyebab meledaknya pesawat adalah karena ada percikan api pada bahan bakar akibat adanya kabel yang rusak di mesin pesawat. Namun di sisi lain, FBI mengatakan penyebab yang berbeda, yakni karena misil yang salah sasaran.

Nah, itu dia tiga peristiwa kecelakaan pesawat yang masih menjadi misteri hingga sekarang. Tidak ada yang tahu pasti mengenai apa penyebab pesawat-pesawat tersebut menghilang, terjatuh atau meledak. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

****Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.