Sukses

Tiga Letusan Gunung Berapi Indonesia yang Mengguncang Dunia

Menurut catatan sejarah, ada beberapa gunung berapi di Indonesia yang letusannya pernah membuat seluruh penjuru dunia merana.

Citizen6 Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sederet gunung berapi aktif mulai dari Sabang sampai Merauke. Bahkan deretan gunung api di Indonesia disebut dengan cincin api karena dikelilingi bahaya letusan gunung berapi. Namun demikian, menurut catatan sejarah memang ada beberapa gunung berapi di Indonesia yang letusannya pernah sampai membuat seluruh penjuru dunia merana. Berikut ulasan selengkapnya. 

Gunung Krakatau

Letusan besar Gunung Krakatau terjadi pada tahun 1883 dan pernah mengacaukan iklim dunia. Konon akibat letusan Krakatau, iklim bumi menurun 1,2 Celcius lima tahun berturut-turut. Letusan gunung ini terjadi empat kali mulai pukul 05.30 WIB sampai 10.02 WIB. Saat itu diperkirakan 30.000 korban jiwa meninggal akibat salah satu letusan gunung terdahsyat di dunia ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunung Tambora

Gunung Tambora

Letusan Gunung Tambora terjadi pada 1815 ini menjadi salah satu letusan gunung paling mengerikan sepanjang sejarah peradaban manusia. Bayangkan saja, Gunung Tambora sebelumnya memiliki ketinggian 4.300 meter dan menjadi yang tertinggi kedua setelah Puncak Jaya. Setelah letusan, tinggi gunung Tambora berkurang menjadi 2.851. Guncangan letusan gunung Tambora ini terasa hingga ratusan mil dan menelan korban hingga 17.000 orang.

 

3 dari 3 halaman

Gunung Toba Purba

Gunung Toba Purba

Menurut para peneliti, Danau Toba muncul akibat adanya letusan gunung. Gunung yang kemudian disebut dengan gunung Toba Purba tersebut diperkirakan meletus sekitar 70.000 tahun yang lalu. Letusan ini menyebabkan munculnya sekitar 2.000– 3.000 km kubik batu dan debu panas yang membuat suasana bumi menjadi kacau. Saat itu diperkirakan 10.000 manusia dan makhluk hidup lainnya meninggal dunia akibat letusan dahsyat ini. Bahkan banyak spesies hewan yang akhirnya sampai punah.

Itulah tiga peristiwa ledakan gunung api terdahsyat sepanjang sejarah yang kita harapkan tidak akan terjadi di masa-masa sekarang. Pasalnya, di zaman sekarang ini bencana serupa pasti akan sangat mengganggu kehidupan manusia. 

Pengirim:

Muhamad Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.