Sukses

5 Negara Ini Ternyata Gunakan Bahasa Jawa

Siapa sangka, ternyata di lima negara ini bahasa Jawa digunakan dalam percakapan mereka

Citizen6, Jakarta Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah suku Jawa yang masih banyak dilestarikan hingga saat ini. Ternyata bahasa Jawa ini tidak hanya digunakan di Indonesia saja melainkan juga beberapa negara telah menggunakannya dalam keseharian mereka, sehingga terbukti bahwa bahasa Jawa sudah mendunia. Benarkah itu? Negara-negara mana saja yang telah menggunakan bahasa Jawa?

Ternyata Bahasa Jawa Sudah Mendunia

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang sangat populer di Indonesia dan bahasa ini merupakan bahasa yang berasal dari suku Jawa. Meskipun begitu ternyata bahasa Jawa memiliki banyak dialek yang berbeda-beda seperti Yogyakarta yang memiliki dialek lebih halus dan lembut, sedangkan Surabaya memiliki dialek bahasa Jawa lebih kasar.

Bahasa Jawa bukan hanya populer di Indonesia ternyata juga populer di negara lainnya dan bahkan diam-diam negara itu telah menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka. Negara manakah itu? Rupanya 5 Negara ini diam-diam gunakan bahasa Jawa:

1. Suriname

Suriname merupakan salah satu negara yang berada di Amerika Selatan, dulu negara ini bernama Guyana Belanda dan merupakan negara bekas jajahan Belanda. Pada tahun 1890-1939 banyak orang Jawa yang dibawa ke negara ini dari Hindia-Belanda, sehingga tak heran jika sekarang ini ada sekitar 75.000 orang Jawa yang telah tinggal di Suriname dan mereka tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka.

2. Singapura

Singapura merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk orang Jawa yang terbilang cukup besar, bahkan di negara ini terdapat beberapa kampung Jawa yang dihuni oleh orang Jawa asli. Pada tahun 1825 banyak orang Jawa dari Jawa Tengah yang dibawa ke Singapura, mereka dipekerjakan di negara ini sebagai buruh perkebunan karet, pekerja kereta api, dan juga sebagai pekerja di konstruksi jalan raya. Beberapa kampung Jawa yang ada di Singapura, yaitu berada di Rochor dan Kallang. Semua orang Jawa yang menetap di negara ini hidup rukun dengan orang China dan Melayu. Inilah salah satu bukti bahwa bahasa Jawa telah mendunia.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini