Sukses

Tiga Fakta Menarik di Balik Gerhana Bulan Darah

Banyak sekali fenomena alam pada bulan yang bisa dilihat dari bumi, salah satunya adalah gerhana bulan darah.

Citizen6, Jakarta Bulan merupakan satelit alam bumi yang lokasinya cukup dekat dengan bumi. Banyak sekali fenomena alam pada bulan yang bisa dilihat dari bumi. Salah satunya adalah gerhana bulan darah yang terjadi beberapa waktu lalu sekitar pukul 08.00-09.00 WIB. Apakah Anda melihat fenomena alam ini? Jika tidak, rugilah Anda karena Anda harus menunggu sampai tahun 2033 nanti untuk bisa melihat gerhana bulan darah lagi. Nah, berikut ini juga ada beberapa fakta menarik di balik fenomena gerhana bulan darah.

Disebut-Sebut Sebagai Pertanda Kiamat

Ini adalah fakta yang sangat unik, karena gerhana bulan darah raksasa yang terjadi pada 28 September lalu disebut-sebut sebagai salah satu pertanda kiamat. Dalam kurun waktu dua tahun ini, fenomena alam gerhana bulan darah sudah terjadi sebanyak empat kali. Padahal sebelum tahun 2014 lalu, fenomena alam ini terjadi pada tahun 1982 silam. Pastur Hagee pun menyebutkan peristiwa ini sebagai salah satu pertanda "akhir zaman."

Blood Moon Menjadi Super Moon

Peristiwa blood moon atau gerhana bulan darah yang terjadi setiap beberapa puluh tahun sekali itu bisa mengalami perbedaan. Salah satunya adalah ketika blood moon terlihat lebih besar dari biasanya dan berubah menjadi super moon. Alasannya cukup bisa dinalar, karena ternyata saat terjadi gerhana bulan merah, bulan sedang berada di jarak yang paling dekat dengan bumi. Itu dia yang membuat fenomena gerhana blood moon beberapa hari lalu terlihat besar.

Blood Moon Tidak Berbahaya

Banyak orang yang takut dengan peristiwa alam ini. Padahal sebenarnya, fenomena gerhana bulan darah sama sekali tidak berbahaya. NASA menjelaskan bahwa fenomena alam ini tidak akan berdampak apapun bagi manusia. Warna merah yang terlihat di permukaan bulan tersebut disebabkan oleh pantulan bayangan dari bumi sendiri.

Jadi bagi Anda yang penasaran dengan fenomena ini, bersabarlah dan berdoalah supaya Anda mendapat umur panjang. Pasalnya gerhana bulan darah ini diprediksikan baru akan muncul lagi pada tahun 2033 mendatang. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.