Sukses

3 Negara dengan Angka Bunuh Diri Tertinggi di Dunia

Beberapa negara di dunia mempunyai angka kematian tertinggi dengan bunuh diri yang cukup tinggi.

Citizen6, Jakarta Beberapa negara di dunia mempunyai angka kematian tertinggi dengan bunuh diri yang cukup tinggi. Penduduk di negara negara ini rata2 melakukan bunuh diri karena keadaan negara mereka atau tingkat depresi yang cukup meresahkan, beberapa karena terjebak perang dan tingkat kejahatan di lingkungan mereka.

Menurut World Health Organization atau WHO, setiap 40 detik ada seseorang yang melakukan bunuh diri dunia. Berikut beberapa negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia.

1. Korea Selatan

Siapa yang tidak kenal dengan negara yang satu ini, bahkan di Indonesia kpop dan drama korea sangat populer. Tahukah Anda bahwa di Korea Selatan terdapat sekitar 45 laki laki dan 35 perempuan yang melakukan bunuh diri setiap hari? Banyak sekali artis artis terkenal yang mati karena bunuh diri di negara ini, masalah keluarga dan kondisi sosial yang meresahkan merupakan faktor utama yang membuat penduduk Korea Selatan banyak yang melakukan bunuh diri. Meminum racun adalah metode utama yang banyak di lakukan penduduk korea Selatan untuk melakukan bunuh diri.

2. Korea Utara

Tetangga korea selatan ini ternyata memiliki angka bunuh diri tertinggi yang lebih parah dari saudaranya menurut data dari WHO. Peraturan negara yang ketat, keadaan ekonomi yang sulit dan stress adalah beberapa alasan kenapa penduduknya banyak yang melakukan bunuh diri. Korea Utara memang negara yang cukup aneh dan unik dengan peraturan-peraturan yang tidak wajar dan penduduknya yang diperlakukan seperti budak. Bahkan di Korea Utara Anda harus berpakaian dan memiliki potongan rambut yang di tentukan oleh pemimpinnya.

3. Guyana

Jika Anada belum pernah mendengar nama negara ini sebelumnya, Guyana adalah negara kecil yang terletak di sebelah utara Amerika selata dengan jumlah penduduk sekitar 740.000 jiwa. Dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak, Guyana memiliki tingkat bunuh diri 4 kali lebih besar dari rata rata negara di dunia. Penggunaan alkohol, akses yang gampang terhadap obat obatan terlarang dan keadaan negara yang kacau balau membuat penduduk negara ini banyak yang melakukan bunuh diri, bahkan pada tahun 1978 sekitar 909 penduduk Guyana tercatat melakukan bunuh diri di hari yang sama.

Penulis:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini