Sukses

Pewarta Foto Wanita Pertama Jepang Ini Ungkap Rahasia Suksesnya

Pewarta foto wanita pertama di Jepang ini kini berusia 101 tahun. Ia tetap bekerja dan ungkap rahasianya

Citizen6, Jepang Tsuneko Sasamoto adalah salah satu pewarta foto pertama Jepang. Wanita yang lahir pada 1 September 1914 ini juga salah satu fotografer tertua di negara tersebut. Kini usianya telah mencapai 101 tahun.

Meski telah berusia lanjut dan tangan serta kakinya tak sekuat dulu, Tsuneko masih suka memotret. Tsuneko tengah menjalani rehabilitasi sambil menyelesaikan proyek 'Hana Akari' atau 'Bunga Cahaya'. Proyek yang ia dedikasikan bagi teman-temannya yang telah meninggal.

Dilansir dari Boredpanda, Rabu (07/10), Tsuneko telah menjadi fotografer profesional selama 25 tahun. Ia baru saja menarik perhatian banyak orang dengan foto-fotonya sebelum dan sesudah Perang Jepang. Sebagaimana dilaporkan Zaikainews, Tsuneko mengatakan bahwa rasa ingin tahulah yang membuatnya tetap bertahan untuk bekerja.

Boredpanda 

"Terkadang aku memiliki rasa takut, penasaran, tak suka, tapi tetap ingin melihatnya. Aku terdorong untuk menghadapi dunia dan membiarkan orang tahu apa yang aku lihat, dalam foto yang aku ambil tentunya," ungkap Tsuneko. Ia juga mengatakan sangatlah penting untuk tetap berpikiran positif dalam hidup dan tidak menyerah.

Berikut beberapa hasil bidikan Tsuneko yang memancing decak kagum banyak orang. 

Boredpanda

Kubah di Hiroshima setelah dibom, 1953

Boredpanda

Sekolah Geisha, 1951

bo

Kapal Shoya, 1956 (sul) 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini