Sukses

3 Gunung Api Tidur Terpopuler di Dunia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang dikelilingi dengan gunung berapi aktif.

Citizen6, Jakarta Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang dikelilingi dengan gunung berapi aktif. Namun ada juga beberapa gunung api yang “tidur” dalam jangka waktu yang lama. Bahkan tidak ada yang tahu berapa lama gunung tersebut akan tertidur. Bisa saja suatu saat nanti gunung api yang tidur itu akan bangun dan meletus. Nah, berikut ini ada beberapa gunung berapi dorman atau gunung api tidur yang belum meletus lagi dalam waktu ratusan tahun.

1. Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji sudah menjadi salah satu ikon negara Jepang. Letusan terhebat Gunung Fuji ini pernah mengubur kota-kota di sekitar gunung, mulai dari Pompeii dan Herculaneum serta menewaskan 16 ribu orang. Tapi sejak tahun 1707 Gunung Fuji mulai tidur atau menjadi gunung api dorman sampai detik ini. Jika Anda berkunjung ke Jepang, gunung setinggi hampir 20 ribu kaki yang paling populer di Jepang ini wajib Anda kunjungi.

2. Gunung Pelee, Martinique

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang dikelilingi dengan gunung berapi aktif.

Selain Gunung Fuji, ada juga Gunung Pelee di Martinique yang sudah tidur selama satu abad lebih. Terakhir kali gunung ini meletus adalah pada tahun 1902, dan saat itu korbannya mencapai 30 ribu orang. Desa St Pierre yang ada di dekat gunung itu tersapu bersih. Bahkan bisa dibilang letusan gunung Pelee ini menjadi yang terdahsyat di abad ke-20. Para ahli mengatakan gunung ini masih aktif dan mungkin sedang mempersiapkan diri untuk letusan berikutnya.

3. Gunung Maua Kea, Hawaii

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang dikelilingi dengan gunung berapi aktif.

Selanjutnya ada Gunung Mauna Kea, alah satu gunung api aktif yang ada di Pulau Hawaii. Dengan ketinggian 13.795 kaki, Maua Kea menjadi gunung tertinggi di Hawaii, lebih tinggi 35 meter dari Mauna Loa. Gunung ini pernah meletus pada 3.500 tahun yang lalu, kemudian Muana Kea tidur selama ribuan tahun. Pada tahun 1983, gunung api ini kembali aktif dan menunjukkan aktivitasnya. Letusan yang terbaru terjadi pada tahun 2013 lalu.

So, itu dia sekilas info mengenai beberapa gunung api yang sempat “tidur” dan baru meletus setelah ratusan hingga ribuan tahu berikutnya.

Penulis:

M. Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.