Sukses

Astaga, Pria Ini Ceraikan Istri lewat WhatsApp

Pernikahan seharusnya menjadi hal yang serius, sakral, dan tidak boleh dipermainkan.

Citizen6, India Pernikahan seharusnya menjadi hal yang serius, sakral, dan tidak boleh dipermainkan. Namun teori tersebut sepertinya tidak dipahami sepenuhnya oleh seorang pria yang nekat menceraikan istrinya lewat aplikasi WhatsApp hanya tiga minggu setelah menikah. Alasannya sepele, yakni karena sang istri seperti buah apel.

Pengantin pria yang tidak disebutkan namanya itu menikah dengan seorang mahasiswa berusia 21 tahun. Tapi ternyata ia tidak senang, karena menganggap si wanita seperti buah apel. Dalam pesan instan yang dikirimnya lewat WhatsApp, sang pria menuliskan bahwa istrinya seperti buah apel, ia sudah mencicipinya dan dia tidak menginginkannya lagi.

Merasa diperlakukan secara tidak pantas, wanita tersebut akhirnya mengadukan masalah ini kepada komisi perempuan di India. Ia terpaksa putus kuliah untuk pernikahan tersebut, padahal sebelumnya ia berkuliah di jurusan kedokteran gigi. Komisi perempuan India pun sedang mencari pria berusia 27 tahun yang diketahui berasal dari Vaikom, Kottayam, India.

Dalam hukum Islam, perceraian dapat disahkan jika suami mengatakan kata ‘talak’ kepada istrinya. Namun ternyata di 10 negara bagian India, talak secara lisan sering disampaikan hanya melalui Skype, SMS, email, bahkan WhatsApp. Ini jelas menjadi kekhawatiran tersendiri bagi kaum perempuan di India.

Beberapa ulama Islam juga mengatakan bahwa talak yang disampaikan suami melalui WhatsApp dianggap sah-sah saja. Mantan ketua Komisi Perempuan India, Sugathakumari, menegaskan bahwa dirinya dan pihak komisi perempuan akan memberikan perlindungan sepenuhnya dan bantuan hukum kepada si wanita terkait dan ibunya. (*)

 

Pengirim:

M. Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini