Sukses

3 Pemahaman Keliru tentang Tubuh Manusia

Sampai saat ini ada organ tubuh manusia yang fungsinya masih menjadi misteri, usus buntu misalnya.

Citizen6, Jakarta Tubuh Manusia diciptakan Tuhan dengan berbagai macam fungsi. Bahkan sampai saat ini masih ada organ tubuh manusia yang fungsinya masih menjadi misteri, usus buntu misalnya. Banyak peneliti yang tidak memahami sebenarnya apa kegunaan usus buntu ada di dalam tubuh. Justru bagian tubuh yang satu ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan. Nah, berikut ini juga ada beberapa hal tentang tubuh manusia yang masih salah dipahami oleh masyarakat.

1. Jantung Berhenti Ketika Bersin

Bersin adalah kebiasaan yang pasti dialami oleh setiap orang. Bahkan dalam satu hari, pasti seseorang akan mengalami bersin. Pemicu bersin juga pasti beragam dan setiap orang mungkin akan mengalami pemicu yang berbeda-beda. Nah, ada fakta yang menyebutkan bahwa ketika bersin jantung manusia akan berhenti. Tapi ternyata fakta itu salah. Jantung tidak berhenti satu detik pun ketika bersin. Kalaupun berhenti, Anda pasti akan mengetahui hal tersebut.

2. Membaca di Lampu Redup Merusak Mata

Sampai saat ini masih ada organ tubuh manusia yang fungsinya masih menjadi misteri, seperti usus buntu misalnya.

Saat kecil Anda pasti sering dimarahi ibu atau ayah Anda saat membaca buku atau komik sambil tiduran atau dalam ruangan yang redup. Alasannya adalah karena hal tersebut dikatakan bisa merusak mata atau fungsi pengelihatan. Faktanya, membaca dalam ruangan yang pencahayaannya kurang memang bisa memberikan efek lelah pada mata untuk sementara. Tapi menurut dokter itu tidak akan merusak mata dalam jangka panjang.

3. Menengadahkan Kepala Ketika Mimisan

Sampai saat ini masih ada organ tubuh manusia yang fungsinya masih menjadi misteri, seperti usus buntu misalnya.

Mimisan biasanya terjadi karena beberapa penyebab. Bisa terjadi karena merupakan gejala suatu penyakit, atau memang karena terjadi peradangan di bagian dalam hidung. Namun saat seseorang mimisan, satu hal yang paling sering dilakukan adalah menengadahkan kepala untuk menghentikan pendarahan. Tapi ternyata itu salah, karena jika kepala ditengadahkan, darah justru bisa masuk ke tenggorokan dan masuk ke perut, lalu memicu mual dan muntah.

So, itu tadi adalah tiga pemahaman masyarakat awam yang salah mengenai beberapa kondisi terkait tubuh manusia. (*)

Penulis:

M. Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini