Sukses

3 Prestasi Luar Angkasa Uni Soviet yang Terkubur dalam Sejarah

Faktanya, Soviet ternyata menjadi negara pertama yang meluncurkan satelit dan mengirimkan seorang pria ke luar angkasa.

Citizen6, Jakarta Selama ini mungkin kebanyakan masyarakat dunia hanya tahu bahwa Amerika Serikat lah yang berhasil mengirimkan orang pertama ke bulan melalui NASA. Namun faktanya, Soviet ternyata menjadi negara pertama yang meluncurkan satelit dan mengirimkan seorang pria ke luar angkasa. Soviet juga memiliki sederet catatan positif mengenai pencapaian luar angkasa. Namun, banyak pencapaian Soviet yang ternyata sengaja dikubur dalam sejarah, seperti beberapa fakta berikut ini.

Usaha Mendarat di Bulan Pertama

Neill Amstrong mungkin dikenal sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki ke bulan. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata pesawat luar angkasa yang pertama kali berusaha mendarat di bulan adalah Luna 1 milik Soviet. Luna 1 adalah upaya kelima Soviet untuk bisa mendarat di permukaan bulan setelah sebelumnya selalu gagal. Bahkan karena sangat rahasia, proyek ini sampai tidak diketahui badan intelijen Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengambil Foto Bulan dari Luar Angkasa

Mengambil Foto Bulan dari Luar Angkasa

Luna 3 adalah bukti keperkasaan Soviet sebagai negara yang pertama kali melakukan banyak hal di luar angkasa. Termasuk mengambil foto dari sisi jauh bulan yang baru pertama kali diambil. Pada tahun 1959, Luna 3 berhasil mengambil 40 foto. Foto-foto tersebut dikirimkan ke bumi melalui radio pemancar. Namun karena sinyal yang lemah, pengiriman foto gagal. Hanya ada 17 foto berkualitas buruk yang berhasil diterima di bumi dari pesawat Luna 3.

3 dari 3 halaman

Kematian Manusia Pertama di Luar Angkasa

Kematian Manusia Pertama di Luar Angkasa

Pada tanggal 30 Juni 1971, Soviet berharap kembalinya tiga kosmonot dari stasiun ruang angkasa pertama di dunia setelah lebih dari 23 hari berada di orbit. Ternyata ketika kapsul mendarat di bumi, tidak ada respon dari kru di dalam kapsul. Ketika ditelisik, ternyata tiga kosmonot telah tewas di dalam kapsul. Penyebab tewasnya ketiga kosmonot ini diduga karena mengalami sesak nafas akibat tidak ada udara di dalam kabin.
Itu dia tiga pencapaian luar angkasa Uni Soviet yang seolah menghilang dari buku sejarah. Jarang sekali ada yang mengetahui bahwa Soviet pernah melakukan ketiga hal tersebut untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia.

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.