Sukses

3 Negara Paling Labil di Dunia

Kestabilan sebuah negara seharusnya menjadi hal yang bisa dinikmati oleh setiap warga negara.

Citizen6, Jakarta Kestabilan sebuah negara seharusnya menjadi hal yang bisa dinikmati oleh setiap warga negara. Namun sayangnya, ada saja permasalahan yang bisa membuat suatu negara kondisinya tidak stabil. Misalnya seperti perekonomian yang gagal, perang saudara, pelayanan publik yang kurang, dan sebagainya. Nah, setiap tahunnya Fund for Peace selalu mengadakan penelitian tentang tingkat stabilitas sebuah negara. Berikut ini adalah hasil indeks tiga negara paling tidak stabil di dunia.

1. Republik Afrika Tengah

doc. istimewa

Kita yang tinggal di Indonesia seharusnya bisa lebih bersyukur. Pasalnya kehidupan di Indonesia bisa dibilang cukup kondusif. Anda pasti tidak mau jika suatu saat harus hidup di negara Republik Afrika Tengah. Mengapa? Sejak merdeka dari Prancis pada 1960, negara ini menjadi sarang kekerasan dan kekacauan. Kehidupan masyarakatnya sangat tidak tenang dan tidak aman. Bahkan PBB menetapkan Republik Afrika Tengah dalam keadaan krisis permanen.

2. Somalia

doc. istimewa

Masih dari benua Afrika, kali ini negara Somalia menjadi negara nomor dua paling tidak stabil di dunia. Di negara ini terjadi tindak anarki dan kekerasan selama hampir dua dekade terakhir. Namun untungnya pemerintah dibantu internasional berhasil menghentikan tindakan-tindakan anarki tersebut pada 2012. Namun semua itu menyisakan banyak pekerjaan rumah, yakni wilayah yang hancur akibat konflik atau karena bencana alam.

3. Sudan Selatan

doc. istimewa

Fund for Peace mencatatkan bahwa negara paling tidak stabil kondisinya di dunia adalah Sudan Selatan. Setelah pecah dari Sudan pada 2011, negara ini selalu mengalami masalah internal. Banyak konflik sipil yang terjadi meskipun sebenarnya negara ini kaya akan sumber daya alam. Padahal negara ini berpotensi sebagai salah satu negara paling maju di Afrika, namun kekerasan dan kekacauan telah mengikis harapan-harapan warga Sudan Selatan.

Itulah tadi tiga negara yang dianggap paling tidak stabil di dunia, dan ternyata ketiga negara tersebut berasal dari benua Afrika. Jadi seharusnya kita sebagai warga Indonesia patut bersyukur terhadap kondisi negara kita. (*)

Pengrim:

M. Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini