Sukses

3 Aturan Ini yang Bikin Para Pejabat China Takut Korupsi

Negara berjuluk negeri tirai bambu ini juga memiliki masalah yang hampir sama dengan Indonesia

Citizen6, Jakarta Sebelum Xi Jinping terpilih sebagai Presiden Republik Rakyat China, negara berjuluk negeri tirai bambu ini juga memiliki masalah yang hampir sama dengan Indonesia, yakni mengenai kelakuan para pejabatnya yang lebih mementingkan kepentingan mereka sendiri dengan cara memperkaya diri sendiri melalui jalur korupsi.

Hal tersebut tentu saja sangat merugikan negara tersebut, khususnya bagi rakyat kecil yang hidupnya semakin hari semakin memprihatinkan akibat ulah dari para pejabat koruptor yang hidupnya semakin bergelimang harta hasil korupsi.

Namun, sejak Xi Jinping menjadi Presiden RRC pada tahun 2013 yang lalu, negara ini mulai memberlakukan aturan ketat bagi para pejabat negaranya yang termasuk dalam program pemberantasan korupsi.

Bukan hanya itu saja, Jinping juga menghidupkan kembali sebuah lembaga yang cukup disegani di negara tersebut, yakni Komite Disiplin Partai. Maka, sejak saat itu, perilaku para pejabat negara China mulai berubah dan nyali mereka untuk mencoba melakukan korupsi pun semakin menciut. Lalu, sebenarnya apa saja aturan ketat yang membuat para pejabat China tersebut takut melakukan korupsi? Berikut ini ulasan singkatnya:

• Para pejabat di China harus melihat kondisi koruptor yang mendekam di penjara

Melakukan tour ke penjara untuk melihat kondisi pejabat yang sudah terbukti korupsi, adalah salah satu aturan yang wajib dilaksanakan oleh para anggota Partai Komunis China.Tujuan dari tour ini adalah agar para pejabat tersebut mengetahui kondisi seperti apa yang akan mereka rasakan bila terbukti bersalah melakukan korupsi. Diharapkan setelah melihat para mantan pejabat negara yang mendekam di balik jeruji dengan kondisi tubuh kurus kering, membuat para pejabat yang masih aktif bekerja tersebut takut untuk melakukan korupsi

• Para pejabat China akan segera dipecat, bila ketahuan korupsi waktu (malas-malasan dalam bekerja)

Negara berjuluk negeri tirai bambu ini juga memiliki masalah yang hampir sama dengan Indonesia

Bukan hanya korupsi uang saja yang dapat ditindak tegas, korupsi waktu pun demikian, jadi bila pejabat tersebut ketahuan malas-malasan dalam bekerja atau tidak kompeten dalam bidang yang ia geluti, maka cepat atau lambat pejabat tersebut harus siap menerima penundaan kenaikan pangkat atau bahkan surat pemecatan.

• Para pejabat China tidak boleh hidup mewah

Negara berjuluk negeri tirai bambu ini juga memiliki masalah yang hampir sama dengan Indonesia

Untuk mengatur moral para pejabat, maka pemerintah China menetapkan peraturan agar mereka tidak boleh hidup dalam kemewahan termasuk ikut dalam sebuah klub golf.

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.