Sukses

Bertahun-tahun, Pria Ini Mendokumentasikan Hidupnya Secara Detail

Morris Villarroel, adalah seorang life-logger dan juga seorang profesor pemerhati tingkah laku binatang di Universitas Madrid

Citizen6, Jakarta Morris Villarroel, adalah seorang life-logger dan juga seorang profesor pemerhati tingkah laku binatang di Universitas Madrid, yang salah satu kegiatan sehari-harinya adalah selalu mendokumentasikan hidupnya selama lima tahun terakhir ini. Ia telah mencatat di lebih dari 180 buku catatan sejak tahun 2010 dan telah menghasilkan foto sekitar 1.200 foto per hari dengan interval hanya 30 detik.

Pria ini selalu membawa buku catatan kemanapun ia pergi dan menuliskan apapun yang ia lakukan selama seharian penuh, mulai dari orang yang ia temui pada hari itu hingga makanan apa saja yang dimakannya pada hari itu. Selanjutnya ia juga merangkum semua yang ia tulis agar dapat dimasukkan ke dalam indeks di setiap buku.

Morris Villarroel, adalah seorang life-logger dan juga seorang profesor pemerhati tingkah laku binatang di Universitas Madrid

Sebenarnya, life-logging bukanlah perilaku baru, sudah cukup banyak praktisi menggunakan video, gambar atau catatan tertulis, namun, Villarroel adalah salah satu life-logger langka sebab ia menggunakan lebih dari satu media untuk mendokumentasikan hidupnya. Villarroel, yang memiliki lima anak dengan tiga wanita ini memulai proyek tersebut ketika ia bertemu dengan istri ketiganya.

Ia mengaku, pada awalnya, anggota keluarganya cukup kesal saat mengetahui bahwa segala tingkah laku mereka terus-menerus difoto atau dicatat, namun untuk saat ini semuanya tampak seperti normal bagi mereka. Ia mengungkapkan "Saya pikir istri saya dan anak-anak menyadari bahwa mereka sangat penting bagi saya dan hal yang saya lakukan ini akan dapat bermanfaat bagi mereka untuk kemudian hari.”

Penulis:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.