Sukses

7 Penemuan Ini Terilhami dari Mimpi

Siapa sangka ternyata ada beberapa penemuan yang ilhamnya berasal dari mimpi.

Citizen6, Jakarta Penemuan-penemuan ilmu pengetahuan berikut ini berawal dari mimpi di dalam tidurnya para ilmuwan hebat ini telah membuat sebuah pemikiran sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Seolah para ilmuwan ini mendapat hidayah dalam mimpinya untuk mengembangkan sebuah penemuan luar biasa. Dengan segala keyakinan akan kebenaran atas mimpinya tersebut, para ilmuwan ini sukses membuat dan membuktikan bahwa penemuannya sangat berguna bagi banyak orang.

Berikut adalah lima ilmu pengetahuan yang terispinsipasi dari mimpi di kala tidur. Mulai dari penemuan Teori Relativitas oleh Albert Einstein hingga penemuan Tabel Periodik dalam unsur Kimia oleh Dmitri Mendeleev. Penemuan mereka sangat penting dan menjadi landasan dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang baru.

Berikut adalah 7 ilmu pengetahuan yang terlahir dan terilhami dari dunia mimpi saat tidur :

1. Chemical Neurotransmission (Otto Loewi)

Otto Loewi adalah seorang ilmuan Jerman kelahiran 3 Juni 1873 ini juga merupakan salah satu peneliti yang mendapat ilham dari mimpi. Pada 1921, Otto Loewi yang merupakan seorang ilmuan di bidang farmakologi bermimpi bahwa dia sedang meneliti tentang sebuah percobaan. Saat terbangun dia mencoba menuliskannya pada sebuah kertas, tapi sayang dia tidak ingat apa yang telah dimimpikan.

Saat kembali tidur, dia bermimpi lagi hal yang sama. Kali ini Otto benar-benar ingat, bahkan ia memulai percobaan hingga menemukan sebuah konsep tentang Chemical Neurotransmission. Dalam percobaannya dia menggunakan hati dari katak.

Percobaannya tersebut membuktikan jika ada sebuah reaksi kimia yang ditimbulkan saraf dalam melanjutkan sebuah rangsangan. Penemuan hebat dalam bidang saraf ini membuat Otto mendapat penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran pada 1936.

2. Struktur Benzene (August Kekulé)

Friedrich August Kekulé von Stradonitz begitulah nama lengkap peneliti kimia asal Jerman ini. Pria kelahiran 7 September 1829 ini terkenal karena mampu menjelaskan bagaimana 6 atom karbon molekul benzena berikatan dengan 6 atom hidrogen. Namun tahukah Anda, ilham tentang penjabaran struktur benzena ini dia dapatkan dari mimpi. Dalam mimpinya August Kekulé melihat seekor ular yang berukuran sangat besar, lalu ular itu menggigit ekornya sendiri, seperti simbol dari Ouroboros.

Awalnya mimpi itu tidak dia anggap penting, tapi lambat laun dia menemukan pencerahan dan ilham dari mimpi tersebut. Bentuk dari Ouroboros sangat mirip dengan struktur benzena, yaitu enam atom karbon yang mengelilingi sebuah segi enam beraturan. Saat ini penggunaan dari benzena memang dihindari karena menyebabkan kanker. Sekarang struktur benzena hanya digunakan untuk meneliti struktur lain yang masih sejenis. (*)

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini