Sukses

Selain Manga dan Anime, Kenali Budaya Jepang Lewat Orenji

Apa yang terlintas di benak Anda mengenai Jepang? Mungkin banyak dari kita yang menganal manga maupun anime.

Citizen6, Jakarta Apa yang terlintas di benak Anda mengenai Jepang? Mungkin banyak dari kita yang menganal manga maupun anime. Namun, ternyata budaya Jepang tak hanya sebatas itu saja.

Tahun ini festifal budaya Jepang kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Diponegoro yakni Original Event of Japan in Indonesia (Orenji). Orenji sendiri terhitung sudah diselenggarakan selama 4 kali sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012.

Orenji pada tahun ini menggunakan tema reika matsuri (musim panas). Dari tahun ke tahun diselenggarakannya Orenji, tema yang digunakan selalu berkaitan dengan musim. “Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Orenji menambahkan taiko (seni menambuh drum Jepang) sebagai salah satu acaranya. Namun yang bagus-bagus dari tahun-tahun sebelumnya tidak kami hapus seperti hanabi, flashmob, obake, dan lain-lain,” ujar seksi acara Elga Haryadi.

Antusiasme pengunjung dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Untuk tahun ini sendiri, pihak panitia menargetkan lebih dari 6000 tiket terjual. Menurut Elga kebanyakan dari pengunjung tertarik datang ke Orenji karena hiburan-hiburannya seperti cosplay, band cover, song cover, guest star, opening, closing, dan lain-lain. Salah seorang pengunjung Suprastio mengatakan bahwa ia jauh-jauh dari Kudus datang ke Semarang hanya untuk berfoto dengan cosplayer yang ada di Orenji.

Selain rangkaian acara yang menarik, Orenji juga diramaikan oleh stand-stand makanan dan minuman khas Jepang serta pernak-pernik khas dari manga maupun anime. Pihak panitia pun menyediakan lomba makan di antaranya kontes takoyaki dan kontes okonomiyaki.

Dengan adanya acara ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang lebih mengenal budaya Jepang. Selain itu, para siswa SMA sederajat menjadi makin tertarik untuk masuk ke Jurusan Sastra Jepang Universitas Diponegoro.

Penulis:

Ma’ruf Hidayat)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini