Sukses

Hari Pahlawan, Himas FKIP UNSYIAH Adakan History Expo

Kegiatan ini mengusung tema, "Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Mampu Membangun Negeri”

Citizen6, Darussalam Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Himpunan Mahasiswa Sejarah (HIMAS) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala (FKIP UNSYIAH) mengadakan serangkaian kegiataan kesejarahan dalam acara Histrory Expo 2015. Kegiatan ini dibuka dengan Seminar Nasional dengan tema "Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Mampu Membangun Negeri” yang langsung buka oleh Dr. Djufri, M. Si, selaku dekan FKIP Unsyiah, di Auditorium baru Fkip, Senin 09/11/2015.

Dalam acara seminar ini hadir tiga pemateri Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M. Hum, sejarawan Universitas Indonesia (UI), selaku pemateri pertama yang membahas tentang kepahlawanan bangsa Indonesia dalam perspektif sejarah.

Pemateri kedua dan ketiga ialah Kol. Caj. Drs. Ahmad Husain, M.A, Kodam Iskandar Muda, dan Dr. Husaini Ibrahim, M.A, arkeolog Aceh sekaligus dosen FKIP Sejarah, yang masing-masing membahas tentang makna sejarah dalam kehidupan bangsa dan solidaritas pejuang Aceh dalam mengusir penjajah di Indonesia.

Seminar ini diikuti dengan antusias oleh peserta yang tidak hanya berasal dari jejeran dosen dan mahasiswa FKIP Sejarah, tetapi juga berasal dari kalangan eksternal kampus. Menurut Drs. Mawardi, M. Hum, M.A, selaku Ketua Prodi Pendidikan Sejarah, kegiatan ini adalah pencapaian yang luar biasa dan sangat membanggakan, mengingat History Expo ini adalah acara perdana yang diselenggarakan oleh HIMAS.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini dan terus diselenggarakan pada tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Kemudian Syahrul Indra selaku ketua Panitia Acara History Expo 2015 mengatakan setelah pembukaan acara dengan seminar Nasional kita juga resmi memamerkan pameran - pameran yang bernuansa sejarah dengan bertujuan merefleksi kembali akan kesadaran dalam menghargai sejarah.

"History Expo sudah resmi kita buka dan dalam pameran expo ini kita mengutamakan pameran sejarah dan budaya yang nantinya akan tertanam kembali bagi masyarakat khususnya mahasiswa cinta terhadap sejarah" ujarnya saat diwawancarai.

History Expo ini berlansung sampai hari sabtu, 14 November 2015 dan terbuka untuk umum dan berbagai pameran ditampilkan di acara ini termasuk batu nisan dan arsip.

Penulis:

Fahzi

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.