Sukses

10 Kisah Urban Legend Paling Terkenal di Asia

Beberapa negara di Asia memiliki urban legend yang mengerikan.

Citizen6, Jakarta Setiap daerah di belahan dunia pasti punya kisah seram mereka tersendiri. Kisah seram ini sering disebut-sebut sebagai legenda perkotaan alias urban legend. Hal ini kemudian terus dibicarakan dari mulut ke mulut hingga menjadi sebuah mitos atau takhayul yang dapat dipercaya atau tidak.

Meski banyak yang menganggap kisah menyeramkan tersebut hanyalah takhayul, tak dapat dipungkiri membaca atau mendengar cerita-cerita urban legend akan membuat bulu kuduk kita merinding, bahkan sampai tidak bisa tidur. Berikut adalah 10 urban legend paling terkenal dari benua kita, Asia.

1. Orang Minyak - Malaysia

Legenda pria minyak merupakan urban legend yang sangat terkenal di benua Asia, terutama Malaysia. Peristiwa pemerkosaan yang banyak terjadi di Malaysia diyakini adalah ulah dari pria minyak ini. Sosok pria minyak digambarkan dengan lelaki tanpa busana dan melumuri tubuhnya dengan minyak warna hitam legam.

Konon, pria minyak hanya bisa dilihat oleh wanita yang masih perawan. Kisah ini sangat populer pada  tahun 1960-an, bahkan pernah dibuatkan film mengenai orang minyak. Diceritakan bahwa asal muasal pria minyak adalah manusia biasa yang ingin memiliki kekuatan. Namun ia diberi syarat bahwa untuk mendapatkan kekuatan tersebut, ia harus memperkosa 40 wanita sebelum ia bisa menjadi sakti dan kuat.

2. Mae Nak Phrak Khanong - Thailand

Salah satu negara di Asia yang memiliki banyak cerita urban legend terkenal adalah Thailand. Berlatar tahun 1850-an, Mae Nak merupakan nama dari istri seorang pria bernama Tid Mak. Kisah cinta mereka berdua begitu romantis hingga Mae Nak hamil. Namun, kondisi Thailand yang sedang bergulat dengan perang membuat Tid Mak harus pergi mengemban tugas membela negaranya. Mae Nak pun terpaksa menjalani masa kehamilannya tanpa kehadiran sang suami.

Selagi suaminya pergi berperang, Mae Nak melahirkan anaknya. Ia melahirkan anaknya tanpa dibantu siapa pun. Saat melahirkan bayinya, Mae Nak mengalami pendarahan hebat yang pada akhirnya menyebabkan ia meninggal bersama-sama dengan bayinya. Sejak saat itu masyarakat percaya jika Mae Nak dan bayinya telah menjadi hantu, bergentayangan menebar teror di Thailand. Namun cerita seramnya belum berakhir sampai di sana. (*)

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini