Sukses

Jangan Buang Cangkang Telur, Ini 6 Manfaatnya

Anda tidak akan menyangka jika cangkang telur mempunyai segudang manfaat. Simak artikelnya.

Citizen6 Jakarta Telur merupakan menu makanan hampir setiap hari. Sifatnya yang mudah dimasak dengan beragam jenis makanan, membuat banyak orang menggemari telur. Namun ketika memasak telur, jangan begitu saja membuang cangkangnya. Ada beberapa manfaat cangkang telur yang tidak banyak diketahui orang.

1. Obat iritasi kulit

Untuk mengobati iritasi kulit Anda harus menambahkan cuka apel pada cangkang telur. Fungsi cuka apel untuk melarutkan cangkang telur. Biarkan selama 2-3 hari. Setelah itu oleskan larutan cuka apel dan cangkang telur pada kulit yang mengalami iritasi.

2. Mengurangi tingkat keasaman pada kopi

Pada bagian ini, Anda harus menumbuk cangkang telur terlebih dahulu hingga halus. Kemudian campurkan pada bubuk kopi. Cangkang telur mempunyai kandungan kalisum karbonat yang tinggi sehingga dapat mengurangi keasaman kopi sehingga kopi akan aman untuk lambung Anda.

3. Pembersih peralatan rumah tangga

Anda juga harus menumbuk cangkang telur terlebih dahulu hingga halus. Campurkan dengan air sabun lalu gosokkan pada peralatan dapur seperti wajan, panci, dan sebagainya.

4. Pupuk kompos tambahan

Cangkang telur juga baik buat kesuburan tanaman. Tidak percaya? Coba remukkan cangkang telur. Lalu gunakan pecahan-pecahan itu sebagai pupuk kompos tambahan. Biar hasilnya lebih baik, campur sedikit kopi.

5. Pot untuk pertumbuhan bibit

Bentuknya yang oval tentu bisa digunakan sebagai pot untuk menumbuhkan bibit tanaman. Setelah bibit tumbuh Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih longgar.

6. Mengusir siput dan ulat dari tanaman

Caranya taburi tanaman dengan pecahan telur. Dijamin tanaman Anda akan selamat dari ulat dan siput.

Itulah manfaat yang bisa Anda peroleh dari cangkang telur. Tentu Anda bisa memanfaatkan ke dalam bentuk lain, misalnya untuk kerajinan tangan. Tidak ada salahnya Anda mencoba, daripada membuangnya begitu saja. (War)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.