Sukses

Mengapa Kucing Begitu Takut pada Mentimun?

Sebuah tren baru di internet menunjukkan video kucing-kucing yang ketakutan saat melihat mentimun. Mengapa?

Citizen6, Jakarta Sebuah tren baru diinternet menunjukkan betapa takutnya kucing pada mentimun. Banyak pemilik kucing yang merekam aksi kucing mereka yang kaget saat melihat mentimun. Dalam sebagian besar video, pemilik kucing terlihat menyelinap ke belakang kucing peliharaan mereka saat si kucing sedang makan. Lalu mereka meletakkan mentimun di belakang si kucing.

Saat kucing berbalik, maka ia seperti melihat makhluk yang menyeramkan. Beberapa kucing meloncat ketakutan, berlari sejauh mungkin dari mentimun, bahkan melompat ke udara. Lalu, kenapa mereka begitu takut terhadap mentimun?

Dilansir dari iflscience, Rabu (18/11/2015), nyatanya tidak semua kucing yang direkam terlihat takut dengan mentimun. Beberapa kucing hanya menatap kosong ke arah mentimun tersebut. Menurut pakar perilaku hewan Dr Roger Mugford kepada Telegraph, sebenarnya bukan mentimunlah yang menyebabkan kucing-kucing tersebut kaget.

"Saya menduga bahwa reaksi ini disebabkan hal-hal baru dan tidak disangka. Dengan kata lain, saat mereka sedang makan, mereka tak mengira akan sebuah benda yang tidak biasa ada di belakang mereka."

Kucing terbukti menyukai benda yang bergerak cepat, membuat banyak suara, atau cahaya seperti laser. Nah, saat mereka melihat mentimun, mereka langsung curiga bahwa mentimun tersebut merupakan hewan berbahaya seperti ular.

"Saya menduga akan terjadi hal yang sama bila yang diletakkan adalah laba-laba mainan, ikan plastik, atau topeng manusia," tambah Mugford. (sul)

photo credit: The Len/Shutterstock

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini