Sukses

Serbuk Kulit Telur, Mudah Dibuat dan Kaya Manfaat

Serbuk yang dibuat dari kulit telur ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Sebagai salah satu bahan pangan populer, telur memiliki protein yang tinggi. Telur pun amat mudah untuk diolah. Direbus, diceplok, didadar, bagaimanapun cara pengolahannya, telur tetap disukai oleh orang-orang.

Selama ini, kulit telur selalu dibuang begitu saja. Padahal, kulit telur juga memiliki banyak manfaat. Selain dapat dibuat sebagai karya seni, kulit telur ternyata juga dapat digunakan untuk membunuh hama tikus, kecoa, semut, bahkan diolah menjadi pupuk. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

1. Membunuh hama tikus, kecoa, serta semut

Caranya:

  • Keringkan kulit telur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  • Giling kulit telur yang telah dikeringkan hingga menjadi serbuk atau bubuk.
  • Taburkan serbuk kulit telur tersebut pada hama yang Anda temui.

Serbuk kulit telur tersebut dapat digunakan untuk membunuh tikus, kecoa, semut, kutu, kumbang, siput, dan lainnya. Saat terkena serbuk telur, hewan-hewan tersebut akan menggeliat. Kemudian mereka akan bergerak-gerak ke sana-ke mari seperti kesurupan hingga pada akhirnya mati.

2. Menangani masalah saluran air yang tersumbat

Saluran air yang tersumbat memang merepotkan. Biasanya kita akan menusuk-nusukkan saluran air tersebut agar lancar kembali. Namun, ternyata serbuk kulit telur untuk menangani masalah tersebut.

Caranya, buatlah serbuk kulit telur seperti dijelaskan di atas. Tuang serbuk kulit telur di saluran air yang tersumbat. Biarkan semalaman. Esok harinya, saluran air telah lancar kembali. Anda juga dapat meneteskan sedikit cuka untuk hasil optimal.

3. Menjadi pupuk kaya kalsium

Cangkang telur memiliki kandungan kurang lebih 94% kalsium karbonat, 1% magnesium karbonat, 1% kalsium fosfat, serta 4% bahan organik. Hal ini membuat cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Nah, ternyata serbuk kulit telur tersebut dapat digunakan menjadi pupuk organik yang ramah lingkungan.

Bahkan, telah ada penelitian yang menunjukkan pupuk cangkang telur memang sangat baik untuk tanaman. Caranya amatlah mudah. Seperti menggunakan pupuk, campur serbuk cangkang telur pada tanah yang akan digunakan untuk menanam. Niscaya, tanaman yang menggunakan pupuk cangkang telur tersebut tumbuh subur. (Sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini