Sukses

Cegah Kecurangan, Lembar Jawaban Pilihan Ganda Jadi Melingkar

Lembar jawaban tes pilihan ganda dibentuk seperti melingkar agar siswa tak bisa mencontek

Citizen6, Jakarta Tes pilihan ganda telah menjadi salah satu cara guru untuk mengetahui kemampuan seorang siswa. Meski demikian, pilihan ganda selalu menjadi pedang bermata dua.

Di satu sisi, pilihan ganda merupakan cara tercepat untuk mengetahui serta mengevaluasi kemampuan siswa. Namun di sisi lain, bila siswa tidak mengetahui jawabannya, mereka bisa mengira-mengira jawaban yang benar. Yang demikian tentu tidak menjadikan seorang siswa dapat dinilai kemampuannya.

Terlebih, pilihan ganda juga membuka kesempatan seorang siswa untuk berlaku curang. Bagi siswa yang tidak jujur, ia bisa membagikan jawabannya pada temannya dengan menunjukkan lembar jawaban pilihan ganda. Belum lagi, banyak siswa yang menggunakan kode tertentu untuk memberi jawaban pada temannya.

Hal tersebut yang menjadi latar belakang sebuah universitas di Bangkok, Thailand menciptakan lembar jawaban pilihan ganda dengan bentuk melingkar. Format melingkar dari lembar jawaban sudah pasti membuatnya jauh lebih sulit untuk dicontek. Walau tampak menjanjikan, banyak netizen yang mengomentari lembar jawaban yang berbentuk melingkar tersebut.

"Ini mungkin mencegah kecurangan, tapi sepertinya akan menjengkelkan mengisi lembar jawaban dengan bentuk seperti itu." Tulis seorang netizen. Bagaimana menurut Anda? Seandainya lembar jawaban di Indonesia juga dibentuk melingkar, apa yang akan terjadi? Apakah kecurangan akan berkurang? (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini