Sukses

Misterius, Ini Simbol Rahasia di Balik Lukisan-lukisan Terkenal

Siapa sangka ternyata beberapa lukisan karya maestro dunia menyimpan simbol-simbol rahasia

Citizen6, Jakarta Sebagai sebuah bentuk karya seni, adakalanya lukisan yang diciptakan oleh pelukis menyimpan maksud tertentu. Baik yang terlihat dengan jelas, maupun yang mesti diteliti dengan saksama.

Leonardo da Vinci adalah salah satu maestro lukis dunia yang karya-karyanya sering diperdebatkan karena dianggap menyimpan kode rahasia. Selain da Vinci, juga terdapat lukisan-lukisan lainnya. Ini dia.

1. Otak melayang di "The Creation of Adam"

Sebagai salah satu karya terkenal Michelangelo, The Creation of Adam menceritakan penciptaan manusia pertama, Adam. Lukisan yang menghias panel langit-langit kapel Sistine di Vatikan ini ditengarai menyimpan gambar ikonik.

Menurut banyak pengamat, terdapat sebentuk otak yang tersimpan dalam lukisan tersebut. Bahkan bentuk yang ditampilkan sangat kompleks karena menggambarkan otak dengan lengkap, dari otak kecil, opthic chiasm, sampai kelenjar pituitari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

UFO terbang di "Madonna with Saint Giovannino"

2. UFO terbang di "Madonna with Saint Giovannino"

Madonna with Saint Giovannino merupakan lukisan terkenal karya Domenico Ghirlandaio. Dalam lukisan tersebut terdapat objek melayang di langit bagian atas kiri Bunda Maria. Bila diperhatikan dengan seksama, objek tersebut sangat mirip dengan UFO yang tengah terbayang.

Akan tetapi, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mungkin pelukis di Abad Pertengahan bisa memiliki imajinasi atas UFO. Apakah itu berarti UFO telah sedari lama hadir ke bumi?

3 dari 5 halaman

Kode rahasia di mata "Monalisa"

3. Kode rahasia di mata "Monalisa"

Leonardo da Vinci bisa dianggap sebagai salah satu pelukis yang memiliki banyak rahasia dalam karya-karyanya. Salah satu karyanya yang paling sering dibicarakan sudah tentu adalah Monalisa. Sampai kini, lukisan ini masih menjadi perdebatan apakah objek yang dilukis Leonardo adalah seorang perempuan atau laki-laki.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan lukisan dengan senyum misterius ini masih memiliki rahasia lainnya. Misalnya saja, Silvano Vinceti pernah melakukan penyelidikan dengan teknologi mikroskoptik super detail dan menemukan huruf LV di mata kanan Monalisa. Masih ada huruf lainnya di bagian mata kiri, namun belum terdefinisi.

4 dari 5 halaman

Ramalan kiamat di "The Last Supper"

4. Ramalan kiamat di "The Last Supper"

The Last Supper alias Perjamuan Terakhir juga merupakan lukisan karya Leonardo da Vinci yang ditengarai memiliki rahasia. Di film the Da Vinci Code misalnya, dijelaskan kalau diantara lukisan tersebut terdapat simbol cawan rahasia yang dicari Ksatria Templar.

Seorang peneliti Vatikan Sabrina Sforza Galitzia juga meyakini dalam lukisan tersebut terdapat ramalan kiamat. Kode tersebut memakai simbol zodiak dengan 24 huruf latin dan menemukan bahwa akhir dunia akan terjadi pada 1 November 4006.

Sejalan dengan pernyataan Sabrina, ahli teknologi informasi Slavisa Pesci menghasilkan efek visual dari lukisan tersebut. Ia menemukan bahwa dua figur mirip Ksatria Templar terdapat di kedua ujung meja dan salah seorangnya diperkirakan menggendong bayi di sisi Yesus.

5 dari 5 halaman

Simbol Kabbalah di "David and Goliath"

5. Simbol Kabbalah di "David and Goliath"

Kabbalah merupakan kepercayaan Mesir kuno yang berkaitan dengan ilmu sihir. Dalam lukisan David and Goliath karya Michelangelo, para ahli menemukan simbol terkair huruf Ibrani. Simbol tersebut membentuk gimel simbolisasi g'vurah atau kekuatan yang dipercaya dalam Kabbalah. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini