Sukses

10 Benda Tertua di Dunia yang Berhasil Ditemukan

Benda-benda tertua di dunia ini berhasil ditemukan oleh para ilmuwan. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Hingga saat ini para peneliti dari berbagai negara di dunia telah berhasil menemukan dan mengungkap sejarah masa lalu dengan ditemukannya beberapa benda tertua di dunia. Sebut saja seperti Sepatu Kulit yang telah berusia 5.500 tahun yang ditemukan di Gua Areni, Armenia atau alat musik Seruling yang terbuat dari Tulang Burung dan Mammoth di Gua Hohle Fels, Jerman.

Berikut 10 Benda Tertua Di Dunia yang berhasil ditemukan oleh Para Arkeolog dari beberapa negara yang Kami lansir dari oddee.com.

1. Ganja Tertua Di Dunia Berusia 2.700 Tahun

Pada tahun 2008 lalu, telah ditemukan 2 pon bahan tanaman yang masih hijau di sebuah kuburan yang telah berusia 2.700 tahun di Gurun Gobi, Mongolia. Benda ini di indetifikasikan sebagai Simpanan Ganja Tertua Di Dunia.

Sebuah rentetan tes membuktikan bahwa Ganja yang memiliki sifat psikoaktif kuat dan membuat keraguan pada teori bahwa dahulu tanaman ini hanya tumbuh untuk rami sebagai bahan pembuat pakaian, tali dan benda-benda lainnya. Penulis utama Ethan Russo mengatakan kepada Discovery News bahwa Ganja yang ditemukan ini sangat mirip dengan Ganja yang berkembang saat ini.

2. Permen Karet Tertua Di Dunia Berusia 5.000 Tahun

Pada tahun 2007 tahun lalu, sepotong Permen Karet berusia 5.000 tahun di temukan oleh seorang mahasiswa arkeologi Inggris di Finlandia. Permen Karet Neolitik yang terbuat dari Kulit Kayu Birch Tar memiliki cetakan gigi di dalamnya.

"Kulit Birch Tar ini mengandung fenol yang merupakan senyawa antiseptik. Dengan mengunyah ini, orang neolitik percaya bisa mengatasi infeksi pada gusi", kata Trevor Brown dari University of Derby.

3. Sepatu Kulit Tertua Di Dunia Berusia 5.500 Tahun

"Sungguh menakjubkan, sepatu ini mirip dengan sepatu modern", kata seorang desainer terkenal. Sepatu Kulit berusia 5.500 tahun ini ditemukan pada tahun 2010 lalu di sebuah gua di Armenia. 

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.