Sukses

Kenalkan, Fon of Bafut, Raja dengan 100 Istri

Raja yang satu ini memiliki 100 istri yang juga diwarisi dari pendahulunya

Citizen6, Jakarta Bafut merupakan kota yang terletak di barat daya Kamerun. Bafut sendiri hanyalah satu dari dua daerah di Kamerun yang masih diperintah oleh seorang raja dengan struktur kekuasaan tradisional. Orang-orang ini awalnya berasal dari wilayah utara Danau Chad yang tinggal di Bafut sekitar 400 tahun yang lalu. Setelah kedatangan mereka, orang-orang membangun istana untuk raja mereka yang disebut Fon.

Istana raja Bafut dikelilingi oleh hutan dengan puluhan rumah di sekitarnya. Rumah-rumah tersebut merupakan rumah istri-istri raja yang jumlahnya mencapai 100 orang. Rumah istri-istri raja sengaja dibangun di dekat kediaman raja yang bernama Achum Schrine.

Menurut Amusing Planet, Selasa (22/12/2015), tidak semua istri yang dimiliki Fon merupakan istri yang ia kawini. Kebanyakan perempuan tersebut justru warisan dari raja terdahulu. Berdasarkan tradisi lokal, saat seorang Fon atau raja meningggal, penerusnya harus menerima warisan yang juga berupa istri-istri raja serta anak-anaknya.

Dengan kata lain, seorang Fon pada dasarnya menikah lagi dengan ibu tiri, semua saudara tiri, menjadi anak-anaknya kelak. Fon dari Bafut yang sekarang mewarisi 72 istri dari ayahnya serta 500 anak.

Amusing Planet

 

Istana raja terbuat dari bambu dan alang-alang. Namun setelah Jerman menyerang pada akhir abad ke-19 dan menghancurkan istana raja, komplek istana kembali dibangun dengan kayu dan bambu serta ditutupi jerami.

Di depan kompleks istana terdapat beberapa batu yang menandai situs penguburan bangsawan serta sebuah rumah tempat menyimpan gendang keramat. Kediaman Fon dari Bafut ini kini masuk ke dalam 100 situs terancam punah oleh the World Monuments Fund pada tahun 2006. (sul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.