Sukses

Misterius, 3 Bola Logam Sebarat 6 Kg Jatuh dari Langit di Vietnam

Peneliti telah menganalisa bahwa bola logam tersebut merupakan semacam benda khusus yang merupakan tangki kompresi udara.

Citizen6, Vietnam Tiga bola logam misterius dengan berat 250 gram, 6 kilogram dan 45 kilogram mendarat di provinsi Yen Bai, Vietnam. Bola logam tersebut dijuluki “bola luar angkasa” karena kemunculannya yang misterius dari langit.

Untungnya, kejadian misterius ini tidak menimbulkan korban jiwa. Menurut profesor Nguyen Khoa Son, seseorang yang berasal dari Vietnam's State Space Science and Technology Program mengungkapkan, "Ini mungkin hasil dari peluncuran satelit yang gagal.”

Huffingtonpost.com

Ukuran bola logam terbesar yakni 45 kilogram, mendarat di dekat sungai di provinsi tetangga Tuyen Quang. Sedangkan bola logam yang berukuran lebih kecil menghantam atap rumah dan yang berukuran bola basket mendarat di taman. Kini bola logam misterius tersebut diamankan oleh pihak Pertahanan Udara Vietnam, dan sedang diselidiki oleh Departemen Pertahanan.

Dirilis huffingtonpost.com pada Jumat (08/01/2016), sejauh ini, peneliti telah menganalisa bahwa bola logam tersebut merupakan semacam benda khusus yang merupakan tangki kompresi udara yang diduga berasal dari roket buatan Rusia. Setelah diteliti lebih lanjut, bola logam tersebut tidak mengandung bahan radioaktif atau bahan peledak. Profesor Nguyen Khoa Son juga menduga jika bola-bola logam ini jatuh dari ketinggian kurang dari 100 kilometer.

(soy/ul)


Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini