Sukses

Strategi Polisi Temukan Dokter Rica Mirip Trik Detektif di Novel

Strategi yang digunakan polisi mirip dengan teknik yang dilakukan tokoh detektif dalam novel Agata Christie.

Citizen6 Jakarta Dokter Rica Tri Handayani yang menghilang bersama anaknya Zafran Alif Wicaksono telah ditemukan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Penemuan warga Lampung yang hilang di Yogyakarta itu tak luput dari jasa Polda DIY yang menggunakan strategi khusus.

Kapolda DIY, Brigjen Pol. Erwin Triwanto menjelaskan strategi khusus tersebut. Meski tidak diurai secara detil namun strategi yang digunakan polisi mirip dengan teknik yang dilakukan tokoh detektif dalam novel Agata Christie.

Dari penjelasan Kapolda, selama menangani kasus hilangnya Dokter Rica, Polisi sangat telaten mengumpulkan setiap informasi dari saksi. Polisi menggunakan teknik mewawancara yang intens. Bahkan informasi sekecil apapaun itu. "Hingga akhirnya kami bisa memastikan, ke mana perginya dokter Rica," ujarnya.

Strategi khusus Polisi itu sangat mirip dengan teknik detektif Hercule Poirot, dalam novel karya Agatha Christie. Hercule Poirot adalah tokoh detektif swasta yang banyak memacahkan kasus dengan menekankan pada kemampuan mengumpulkan informasi. Ia juga sangat teliti dan memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan teka-teki sudah didapatkan.

Kapolda DIY menambahkan, setelah berhasil mengumpulkan informasi, Polisi kemudian melacak keberadaan Dokter Rica. "Begitu tahu posisinya kita langsung bergerak," tambahnya.

Selain menemukan Dokter Rica, Polisi juga telah mengamankan orang yang diduga membawa dokter Rica pergi dari rumahnya. Kuat dugaan Dokter Rica direkrut dan akan diajak bergabung dengan gerakan teroris radikal ISIS. (war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.