Sukses

Jika Melihat Guratan Seperti Ini di Leher, Segeralah ke Dokter

Sebab guratan semacam itu bukan disebabkan karena kotoran atau daki yang kerap menempel di leher.

Citizen6 Jakarta Jika Anda melihat guratan hitam seperti pada gambar, Anda sebaiknya segera periksakan ke dokter. Sebab guratan semacam itu bukan disebabkan karena kotoran atau daki yang kerap menempel di leher.

Dijelaskan oleh dr Eddy Karta, SpKK, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, bisa jadi karena fenomena Achantosis nigricans. Kondisi di mana zat gula dalam tubuh melebihi batas normal. "Hampir mencapai bahaya dan sudah diabetes tipe 2," kata Eddy.

Achantosis nigricans disebabkan karena tingkat insulin dalam darah terlalu tinggi. Jika tingkat insulin orang terlalu tinggi, maka insulin yang berlebihan dapat merangsang aktivitas sel-sel pada kulit. Sehingga akhirnya menyebabkan perubahan pada kulit.

Dalam beberapa kasus, Achantosis nigricans juga dapat diturunkan. Mengobati kondisi yang menyebabkan juga dapat menghilangkan guratan-guratan hitam di leher. "Setelah itu, kelainan kulit Acanthosis nigricans diharapkan akan membaik dengan sendirinya," ujar dr Eddy.

Eddy juga menambahkan, pada sebagian kecil kasus Acanthosis nigricans merupakan tanda adanya kanker dalam tubuh, terutama jenis adenoma saluran cerna. Nah, pada kasus ini Achantosis nigricans tumbuh secara cepat dan meliputi lokasi luas, sehingga muncul tanda dan gejala kanker.

Oleh karena itu dalam mengatasi Achantosis nigricans membutuhkan penanganan dokter untuk mencari tahu sebab kemunculannya. "Ini penting agar tidak mengabaikan masalah di dalam tubuh yang lebih serius," pungkasnya. (war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini