Sukses

Jurus Jitu Hadapi Kritik Pedas di Media Sosial

Kita mungkin tidak bisa mengubah pendapat orang lain agar menyukai kita.

Citizen6 Jakarta Media sosial sudah menjadi tren berkomunikasi di seluruh dunia. Tak jarang komunikasi itu berupa penyampaian pendapat bernada kritik yang amat pedas. Sebagai manusia biasa yang kesabarannya terbatas, kritikan pedas tentu memuat kepala tak lagi dingin. Kadang kita terpancing dan menanggapinya dengan amarah yang meluap-luap.

Akan tetapi, sebenarnya hal itu tidak perlu dilakukan. Menanggapi kritik di media sosial ada caranya. Berikut trik jitu menanggapi kritik pedas di media sosial.

Menambah kualitas kesabaran

Kita mungkin tidak bisa mengubah pendapat orang lain agar menyukai kita. Namun dengan kesabaran dan kearifan, barangkali akan membuat pengguna sosial lainnya memberikan respect kepada kita. Semakin banyak dukungan, akan semakin ringan menanggapi kritikan.

Mainkan analogi

Analogi dapat berupa penggambaran masalah dengan contoh lain yang sederhana. Terkadang seseorang mengkritik karena tidak paham dengan apa yang kita maksudkan sehingga ia tidak setuju. Oleh karena itu cobalah mainkan analogi untuk menjelaskan kepada pengkritik dengan cara yang sederhana.

Fokus data

Kadang seseorang mengkritik berdasarkan nilai yang subjektif. Tentu hal itu bukan kritik yang membangun. Jika ingin menanggapi, cobalah minta data kepada pengkritik. Atau berikan saja data yang kita punya kepada pengkritik. Tentu dia tidak akan berkutik jika kritikannya tidak sesuai data.

Hargai orang lain

Kendati demikian, kita harus tetap menghargai pendapat pengkritik. Sebab dengan kritikan itu berarti seseorang telah menyempatkan waktunya untuk memperhatikan kita.

Tegas bersikap

Sikap tegas akan benar-benar dibutuhkan untuk menyikapi komentar yang kasar dan nihil nalar. Perilaku seperti itu tentu hanya akan mengganggu kita secara pribadi. Maka salah satu jalan keluar adalah dengan mem-block. Langkah ini mungkin memang terdengar kasar, tapi ini adalah satu-satunya jalan terbaik bila pengkritik tidak bisa diajak negosisasi dan menyelesaikan masalah dengan cara bijak.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini