Sukses

Mumbaikar, Pegiat Hak Buang Air Kecil bagi Perempuan

Wanita ini masuk dalam daftar seratus tokoh wanita berpengaruh karena memperjuangkan hak untuk buang air kecil bagi wanita.

Citizen6, Jakarta Mumbaikar Mumtaz Shaikh masuk dalam daftar tokoh wanita paling inspiratif 2015 versi BBC. Gerakan sosial apa yang dilakukannya, sehingga ia masuk ke deretan tokoh wanita berpengaruh? Ternyata selama kurun waktu lama ia mengkampanyekan The Right to Pee atau hak untuk buang air kecil. Tak kenal lelah ia berjuang untuk hak yang disebutnya hak dasar manusia.

Bagi Anda mungkin terdengar aneh. Bagaimana sebuah kegiatan remeh menjadi gerakan besar yang didukung dunia? Seperti dilansir dari iDiva, Kota Mumbai adalah kota yang tidak ramah untuk kaum wanita. Mumbaikar Mumtaz Shaikh menjelaskan terdapat 3.000 toilet di tempat umum yang dikhususkan untuk pria, tapi tidak diperbolehkan untuk digunakan wanita.

Para wanita harus pergi ke lapangan atau pinggir rel kereta api untuk sekadar buang air kecil. Kegiatan buang air kecil di tempat terbuka tersebut pada akhirnya memicu tingginya tingkat pemerkosaan di kota tersebut.

Lalu bagaimana kelanjutan sang penggiat hak buang air kecil ini? Simak selanjutnya di artikel berikut ini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini